Nasional

Waspada.... Ada Cacing Nematoda di Bawang Putih Asal China

Gemariau.com | Jumat, 01 Juni 2018 - 02:43:27 WIB | dibaca: 104 pembaca

Polisi tunjukan barang bukti bawang putih bercacing.

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus dari Badan Reserse Kriminal Polri membongkar praktik impor ilegal bawang putih yang tak layak konsumsi. Dan yang mengerikan, setelah diperiksa di laboratorium, dalam bawang putih itu terkandung cacing nematoda.

Menurut Wakil Direktur Tipideksus Bareskrim Polri, Komisaris Besar Polisi Daniel Tahi Monang Silitonga, bawang putih mengandung cacing itu diimpor dari China dan Taiwan. Pada label impor telah diubah dari untuk pembibitan menjadi untuk konsumsi.

"Menurut laboratorium yang bibit mengandung cacing nematoda yang tidak bisa dikonsumsi," kata Daniel Tahi Monang Silitonga di Gedung Bareskrim KKP, Kamis 31 Mei 2018.

Para pelaku, lanjut dia, tahu kalau hal itu ilegal. Meski bawang mengandung bibit penyakit mereka tetap melakukan tindakan curang itu demi keuntungan semata.

"Tersangka melakukan impor tadi bawang putih dengan memberikan keterangan yang menyesatkan atau pernyataan yang tidak benar sehingga merugikan konsumen," kata dia.(viva/gr)



comments powered by Disqus