Nasional

Kuatkan Kerjasama Daerah Untuk Optimalkan Potensi Daerah,

Wali Kota Pekanbaru Hadiri Rakernas XIII Apeksi di Tarakan

Gemariau.com | Rabu, 25 Juli 2018 - 02:01:01 WIB | dibaca: 64 pembaca

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT (lima dari kanan) saat menghadiri Rakernas XIII Apeksi di Tarakan

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, TARAKAN - Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menghadiri Rapat Kerja Nasional XIII Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Rakernas XIII Apeksi) tahun 2018 yang dilaksanakan di Kayan Multifunction Hall Hotel Tarakan Plaza, Jalan Yos Sudarso, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (25/7/2018).

Rakernas ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono yang juga selaku Dirjen Otoda Kemendagri RI mewakili Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang berhalangan hadir pada acara tersebut.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tarakan, Kalimantan Utara, dengan mengusung tema 'Penguatan Kerjasama Antar Daerah Dalam Mengoptimalkan Potensi Daerah'.

Dalam sambutannya, Sumarsono menekankan tentang kerja sama daerah dalam mensejaheterakan rakyat. Menurutnya, ini merupakan sebuah mekanisme pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan.

Sebagaimana yang diatur Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dalam pasal 363 sampai pasal 369, UU nomor 23/2014 mengatur tentang Kerja Sama Antar Daerah.

"Kerjasama ini harus didasari pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik. Contohnya, kerja sama antara Pemerintah Kota Surakarta dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, Surabaya, Makasar dalam bidang Pariwisata dan Informasi Teknologi," sebutnya.

Permasalahan yang sering dihadapi pemerintah daerah kata Sumarsono, lebih kepada yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi lokal di daerahnya.

"Ini dipengaruhi karena adanya konsentrasi kegiatan ekonomi dan alokasi investasi pada satu titik atau wilayah tertentu sehingga peluang kerja dan kesejahteraan masyarakatnya tidak merata," katanya.

Kehadiran Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT pada kesempatan itu juga didampingi beberapa pejabat Pemko. Antaralain, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs H Azwan MSi, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) M Jamil MAg, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Ingot Ahmad Hutasuhut serta beberapa Kepala Bagian (Kabag) di Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru. (gr)



comments powered by Disqus