Kota Pekanbaru

UPT PLUT Provinsi Riau Adakan Pelatihan Pembuatan Piring Anyaman Lidi Sawit

Gemariau.com | Rabu, 23 Januari 2019 - 15:37:37 WIB | dibaca: 2832 pembaca

Berita Terkait :

Draft. GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Dinas Perdagangan dan Koperasi Provinsi Riau melalui UPT Pusat Layanan Usaha Terpa_du (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Riau, selalu melakukan terobosan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi masyarakat di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru, hal ini dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan dari UMKM yang selalu didampingi oleh UPT PLUT Provinsi Riau yang beralamat di jalan Garuda, Panam Pekanbaru. seperti pelatihan di desa pandau jaya untuk warga dan kemudian di jl. Palaraya perumahan beringin.


Pelatihan selanjutnya saat ini, yang dilakukan oleh UPT PLUT KUMKM Riau Dinas perdagangan dan koperasi ukm pada rabu, 23 januari 2019, yaitu mengadakan pelatihan swadaya pada masyarakat terhadap pemanfaat lidi sawit untuk dijadikan suatu hal yang bermanfaat seperti membuat piring dari rajutan lidi sawit dengan BIMTEK diperumahan Permata Ratu jl. Parit indah Tangkerang Labui Pekanbaru.

"Dari kenyataan yang ada Propinsi Riau dikenal sebagai penghasil minyak bumi dan minyak sawit dengan istilah diatas minyak dibawah minyak. jadi yang kita manfaatkan saat ini adalah yang dihasilkan oleh kebun sawit seperti  lidi sawit yang sudah tidak dimanfaatkan dan dianggap sampah," ucap Asyari selaku Kepala UPT PLUT Provinsi Riau pada 23 Januari 2019 kepada gemariau.com.

"Selama ini lidi sawit banyak terbuang dikebun-kebun Sawit, Alhamdulillah dari pada dibuang apa salahnya kita manfaatkan dimana lidi sawit kita jadi kita jadikan piring rajutan lidi sawit," jelas Kepala UPT PLUT Riau ini.


"Saat ini sudah banyak kita melihat para pedagang makan yang menggunakan rajutan piring lidi seperti ditempat nasi uduk hanya saja rajutan piringnya dibuat dari lidi kelapa, Saat kenduri masyarakat juga sudah banyak menggunakan rajutan piring lidi. jika sudah bisa dibuat rajutan piring dari lidi sawit selain bisa dimanfaatkan untuk sendiri bisa juga untuk dijual menambah penghasilan. Dan apasalahnya kita budayakan dengan menggunakan lidi sawit, kata Asyari, SH.
 
Selanjutnya minggu depan senen pada tanggal 28 Januari 2019, Pelatihan Pembuatan Piring Anyaman dari Lidi Sawit juga dilaksanakan di Perumahan Mutiara Kartama, Marpoyan Damai Pekanbaru. 

Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri Kepala UPT PLUT Asyari, SH dan didampingi Warman dan Eka selaku Konsultan UPT PLUT Provinsi Riau.
(64n)



comments powered by Disqus