Advertorial

UPACARA HUT KOTA PEKANBARU KE 235 DAN HARGANAS dI LAKSANAKAN DI TENAYAN RAYA

Oloan Roy | Selasa, 25 Juni 2019 - 14:38:31 WIB | dibaca: 169 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU -  Pelaksanaan upacara peringatan hari jadi Kota Pekanbaru ke- 235 tahun 2019 dan Harganas (Hari Keluarga Nasional) ke- 28 berlangsung di kompleks perkantoran Walikota Pekanbaru, Jalan  Badak Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Pemerintahan Kota Pekanbaru . Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Pembina upacara di hari jadi Kota Pekanbaru ke- 235 ini, di hadiri Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, SSi. Upacara ini diikuti oleh ASN dan THL dilingkungan Pemkot Pekanbaru lebih kurang 450 orang.

Adapun susunan pasukan upacara, 1 SST Sat Pol PP Kota Pekanbaru. 1 SST Damkar Kota Pekanbaru. 1 SST Dishub Kota Pekanbaru. 1 SST BPBD Kota Pekanbaru. 1 SST Korsik. Barisan ASN dan THL dilingkungan Pemkot Pekanbaru.

Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, SSi, dalam sabutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-235 Kota Pekanbaru tahun 2019, semoga Kota Pekanbaru semakin maju untuk kedepannya.  Semoga masyarakat Kota Pekanbaru semuanya sehat jasmani dan rohani sehingga terciptanya masyarakat yang cerdas.

“Saya mengajak seluruh pegawai untuk bekerja mengayomi masyarakat. Hari ini juga bertepatan dengan HUT Harganas (Hari Keluarga Nasional) ke-28, saya juga mengajak kepada seluruh orangtua, bahwa peran kita sangatlah menentukan untuk kemajuan generasi kita kedepannya,” jelas  Ayat Cahyadi, SSi. Senin, (24/06/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Danrem 031/WB, Brigjen TNI Muhammad Fadjar. Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Bpk. Edwar Sanger. Dandim 0301/PBR, Letkol Inf Andri Sulistiwan. Kadispers Lanud RN Pekanbaru, Letkol Pnb Dedi Supriyanto. Kapolresta Pekanbaru. Kasatpol PP Kota Pekanbaru. Para Kadis jajaran Pemkot Pekanbaru. Unsur Forkopinda Pekanbaru. Serta para Tamu dan undangan.

Menurut Sejarah, nama Pekanbaru Dahulunya Dikenal Dengan Nama “Senapelan” Yang Saat Itu Dipimpin Oleh Seorang Kepala Suku Disebut Batin. Daerah Ini Terus Berkembang Menjadi Kawasan Pemukiman Baru Dan Seiring Waktu Berubah Menjadi Dusun Payung Sekaki Yang Terletak Di Muara Sungai Siak.

Perkembangan Senapelan Sangat Erat Dengan Kerajaan Siak Sri Indra Pura. Semenjak Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah Menetap Di Senapelan, Beliau Membangun Istana Di Kampung Bukit dan Diperkirakan Istana Tersebut Terletak Disekitar Lokasi Mesjid Raya Sekarang. Sultan Kemudian Berinisiatif Membuat Pekan Atau Pasar Di Senapelan Namun Tidak Berkembang. Kemudian Usaha Yang Dirintis Tersebut Dilanjutkan Oleh Putranya  Raja Muda Muhammad Ali Yang Bergelar Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah Meskipun Lokasi Pasar Bergeser Di Sekitar Pelabuhan Pekanbaru Sekarang.

Akhirnya Menurut Catatan Yang Dibuat Oleh Imam Suhil Siak, Senapelan Yang Kemudian Lebih Popular Disebut Pekanbaru Resmi Didirikan Pada Tanggal 21 Rajab Hari Selasa Tahun 1204 H Bersamaan Dengan 23 Juni 1784 M Oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah Dibawah Pemerintahan Sultan Yahya Yang Kemudian Ditetapkan Sebagai Hari Jadi Kota Pekanbaru. Hal Tersebut Merupakan Sejarah Singkat Berdirinya Kota Pekanbaru Dan Tepat Pada Tanggal 23 Juni 2019 ini, Kota Pekanbaru Merayakan Hari Ulang Tahun Ke -235.

Dalam kesempatan ini terlihat Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Fadjar, MPICT, Turut Hadir Dalam Ulang Tahun Ke 235 Yang Di Laksanakan Di Perkantoran Walikota Pekanbaru Di Kecamatan Tenayan Raya. Saat Di Temui Beberapa Awak Media, Danrem 031/WB Mengucapkan Selamat Ulang tahun Ke 235 Kota Pekanbaru, Semoga Kota Pekanbaru Menjadi Kota Yang Besar Dengan Tetap Menjadikan Budaya Melayu Sebagai Landasan.

Sejalan dengan Visi Riau 2020 yakni Riau sebagai pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara, berharap semoga Kota Pekanbaru semakin maju dan berkembang.  Hal ini juga sejalan dengan terwujudnya Kota Pekanbaru sebagai pusat ekonomi serta Memberikan Pelayanan Kepada Publik Khususnya Masyarakat Kota Pekanbaru. Memberikan Rasa Aman, Nyaman Dan Tenteram. Usai Upacara Memperingati HUT Ke – 235, dan selanjutnya Pemberian Penghargaan Kepada Kecamatan Yang Berprestasi Serta Masyarakat Yang Berhasil Mengharumkan Nama Pekanbaru.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pekanbaru sudah mempersiapkan dan akan memusatkan perayaan malam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru ke-235 tahun 2019 di kawasan Car Free Night (CFN) Jalan Ahmad Yani. sebagaimana dikatakan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, HM Noer MBS, pada Kamis 13/6/2019 lalu.

"Untuk acaranya dilaksanakan pada malam hari. Sedangkan perayaan HUT Pekanbaru akan dipusatkan di lokasi Car Free Night Ahmad Yani," ujarnya

"Kali ini kita rancang secara murah meriah, sesuai kemampuan keuangan daerah. Namun, yang terpenting, kegiatan yang kita gelar bermanfaat bagi masyarakat," ucap M Noer.

Untuk kegiatan yang akan diselenggarakan memeriahkan HUT tahun ini, M Noer menyatakan masih tahap penyusunan dan ditargetkan dalam waktu dekat segera dilaksanakan.

Dan untuk mengisi HUT Pekanbaru ini diadakan beberapa kegiatan. Dan kegiatan yang dilaksanakan antara lain perlombaan, olahraga, sosial dan seni budaya. Selain itu, ada juga yang digabung dengan hiburan," pungkas M Noer beberapa waktu lalu.

Tak luput Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pekanbaru bersama Pemkot Pekanbaru dalam menyambut HUT Pekanbaru, juga membuat lomba Vidgram. Hadiah yang ditawarkan jutaan rupiah dan akan diserahkan langsung oleh Wali Kota Pekanbaru.

Dalam pengumuman yang juga ditayangkan di IG @pwipekanbaru, ada jutaan rupiah menanti 3 pemenang dan 1 juara favorit. Untuk ketentuannya, periode upload mulai 20 Juni hingga 29 Juni 2019 dimana pengumuman pemenang 30 Juni 2019.

Kegiatan ini bertema hari jadi 'Pekanbaru The Capital City of Sumatera' menjadi dasar untuk membuat vidgram tersebut dengan durasi maks 1 menit. Hanya saja, satu akun hanya bisa mengupload satu vidgram lomba dan mention @pwipekanbaru dan @stmtdrfirdaus dan sertakan #hutpekanbaru235 dan #VidgramPku2019. Video tidak menyinggung isu sara, norma hukum mapun etika dan norma budaya serta agama yang berlaku.

Selanjutnya guna memeriahkan hari jadi Kota Pekanbaru yang ke-235, 23 Juni 2019, sejumlah kegiatan menarik sudah disiapkan DPRD Kota Pekanbaru. Salah satunya pameran foto ‘Rekam Jejak Kota Pekanbaru’. Pameran ini terbuka untuk umum, kepada masyarakat yang ingin hadir.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Nelfi Yona, menyebut pihaknya akan memfasilitasi pameran sesuai dengan tema yang di ingikan pihak DPRD Kota Pekanbaru.

"Kita tengah mendudukan foto seperti apa yang nantinya akan kita pajang, yang tentunya sesuai dengan tema yang diminta," ucapnya beberapa waktu lalu.

Dalam memeriahkan hari jadi itu, maka Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) juga tak tinggal diam dan akan menggelar Dragon Boat Race di Sungai Siak tiga hati sebelum acara puncak.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru M Noer di kantor wali kota, beberapa hari lalu.

"Tadi kami persiapan untuk Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-235. Diawali dengan pembentukan panitia," ucapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Pekanbaru berencana membuat acara Dragon Boat Race di Sungai Siak. Acara ini digelar pada 21 Juni 2019. Acara ini digelardan dimulai  pada 21 Juni 2019 kemarin.

"Acara Dragon Boat Race ini digelar selama tiga hari, Jumat sampai Minggu," ucap M Noer.

Sedangkan kegiatan lainnya disesuaikan. Kegiatan lain adalah Pekanbaru Expo, lomba sepeda, donor darah, dan kegiatan lainnya.  (adv).



comments powered by Disqus