Dunia

Trump akan menghabiskan berhari-hari di rumah sakit militer setelah diagnosis COVID-19

Gemariau.com | Sabtu, 03 Oktober 2020 - 13:17:58 WIB | dibaca: 213 pembaca

Berita Terkait :

WASHINGTON (Gemariau.com) - Presiden AS Donald Trump berada di rumah sakit militer pada Sabtu untuk perawatan setelah dinyatakan positif COVID-19, perkembangan luar biasa yang membalikkan pemilihan presiden sebulan sebelum pemilihan 3 November. 

Presiden AS Donald Trump tiba di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed dengan helikopter setelah Gedung Putih mengumumkan bahwa ia "akan bekerja dari kantor kepresidenan di Walter Reed selama beberapa hari ke depan" setelah dinyatakan positif mengidap penyakit virus corona (COVID-19) , di Bethesda, Maryland, AS, 2 Oktober 2020.

Kira-kira 17 jam setelah dia mengumumkan diagnosisnya kepada publik, Trump berjalan perlahan dari Gedung Putih ke helikopter yang menunggu untuk dibawa ke Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda , Maryland. Dia mengenakan topeng dan setelan bisnis dan tidak berbicara dengan wartawan.

"Saya pikir saya melakukannya dengan sangat baik, tetapi kami akan memastikan semuanya berjalan lancar," kata Trump dalam pesan video singkat yang diposting di Twitter.

Pada Jumat pagi, dia men-tweet bahwa dia dan ibu negara, Melania Trump, telah tertular virus. Trump akan bekerja di kamar khusus di rumah sakit itu selama beberapa hari ke depan sebagai tindakan pencegahan, kata sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany. 

Video online menunjukkan sekelompok kecil pendukung Trump di luar Walter Reed pada Jumat malam sambil mengibarkan bendera Trump 2020, sebagian besar tidak mengenakan topeng.

Trump, 74, mengalami demam ringan, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut. Dokter Gedung Putih Sean P. Conley mengatakan pada Jumat malam bahwa Trump baik-baik saja, tidak membutuhkan oksigen tambahan, dan telah menerima dosis pertama Remdesivir, obat antivirus intravena yang dijual oleh Gilead Sciences Inc yang telah terbukti mempersingkat masa tinggal di rumah sakit. 

Dalam tweet pada Jumat malam, presiden menulis: “Berjalan dengan baik, saya pikir! Terimakasih untuk semuanya. CINTA!!!" 

Diagnosis tersebut merupakan kemunduran terbaru bagi presiden Republik, yang tertinggal dari saingan Demokrat Joe Biden dalam jajak pendapat menjelang pemilihan presiden 3 November. Trump telah mengecilkan ancaman pandemi virus korona sejak awal, bahkan ketika penyakit itu telah menewaskan lebih dari 200.000 orang Amerika dan menghancurkan ekonomi AS. 

Sejumlah tokoh Republik lainnya juga dinyatakan positif pada hari Jumat, termasuk mantan penasihat senior Gedung Putih Kellyanne Conway dan senator Republik Mike Lee dan Thom Tillis.

Wakil Presiden Mike Pence, yang akan mengambil alih tugas kepresidenan jika Trump sakit parah, dinyatakan negatif, kata seorang juru bicara. Mantan gubernur Indiana, 61 tahun, bekerja dari kediamannya sendiri beberapa mil dari Gedung Putih. Trump berisiko tinggi karena usia dan berat badannya. Dia tetap dalam kondisi kesehatan yang baik selama waktunya di kantor tetapi tidak diketahui berolahraga secara teratur atau mengikuti pola makan yang sehat. Conley mengatakan sebelumnya pada hari Jumat bahwa Trump telah menerima perawatan eksperimental, REGN-COV2 Regeneron, salah satu dari beberapa obat COVID-19 eksperimental yang dikenal sebagai antibodi monoklonal, yang digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Trump juga mengonsumsi seng, Vitamin D, famotidine, melatonin dan aspirin, kata Conley.

Saham di Wall Street ditutup melemah karena berita diagnosis Trump menambah ketidakpastian seputar pemilihan.

RUANG HARI PEMILIHAN 

Dengan hanya tinggal 31 hari hingga Hari Pemilihan, kampanye Trump mengatakan akan menunda rapat umum dan acara lain di mana dia dijadwalkan untuk tampil, atau membawanya secara online. Manajer kampanye Trump, Bill Stepien, juga dinyatakan positif COVID-19 pada hari Jumat dan akan bekerja dari rumah, menurut seorang pejabat senior kampanye.

 
Biden menarik iklan yang menyerang Trump, tetapi sebaliknya melanjutkan kampanyenya, melakukan perjalanan ke Michigan pada hari Jumat setelah dites negatif untuk virus tersebut. Di aula persatuan di Grand Rapids, Biden mengatakan dia berdoa untuk kesembuhan saingannya. 

Namun, dia juga secara implisit mengkritik Trump, yang mengejek Biden karena secara rutin mengenakan topeng dan telah mengadakan kampanye besar-besaran dengan sedikit jarak sosial.

“Bersikaplah patriotik,” kata Biden. “Ini bukan tentang menjadi pria yang tangguh. Ini tentang melakukan bagianmu. 

" Komite Nasional Republik akan memilih calon pengganti jika Trump menjadi tidak mampu, tetapi sudah terlambat di sebagian besar negara bagian untuk mengubah nama pada surat suara. Sekitar 2,9 juta orang telah memilih, menurut angka yang dikumpulkan oleh profesor Universitas Florida, Michael McDonald. Pence mengambil alih panggilan yang direncanakan Trump dengan para gubernur dan organisasi pensiunan. 

Debatnya pada 7 Oktober dengan calon wakil presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris akan berjalan sesuai rencana, kata penyelenggara. 

Harris juga dinyatakan negatif, menurut kampanyenya. Virus itu dapat memperumit dorongan Trump untuk memasang hakim konservatif Amy Coney Barrett di Mahkamah Agung. 

Selain presiden dan istrinya, setidaknya empat orang yang berada di acara Gedung Putih untuk mengumumkan pencalonan Barrett - Conway, Lee, Tillis dan Presiden Universitas Notre Dame John Jenkins - mengatakan pada hari Jumat bahwa Lee dan Tillis keduanya adalah anggota Komite Kehakiman Senat yang dikendalikan Republik, yang dijadwalkan untuk memulai dengar pendapat tentang pencalonan Barrett pada 12 Oktober. Barrett sendiri dinyatakan positif terkena virus awal tahun ini dan pulih, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. . 

Tillis, yang mengatakan dalam pernyataannya bahwa dia tidak memiliki gejala, akan mengisolasi di rumah selama 10 hari. 

Jajak pendapat menunjukkan persaingan ketat antara dia dan penantang Demokrat Cal Cunningham untuk kursi di Carolina Utara, salah satu dari beberapa Demokrat berharap untuk membalikkan upaya mereka untuk memenangkan mayoritas Senat pada November. Trump adalah pemimpin dunia terbaru yang tertular virus.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dilarikan ke perawatan intensif setelah jatuh sakit parah pada bulan Maret. Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyebut virus itu sebagai "flu ringan" setelah terinfeksi pada Juli. 

Kedua pria itu sembuh. Pelaporan oleh Steve Holland dan Andy Sullivan; Pelaporan tambahan oleh Diane Bartz, Jeff Mason dan Trevor Hunicutt; Ditulis oleh Andy Sullivan dan Joseph Axe; Diedit oleh Alistair Bell, Cynthia Osterman dan Daniel Wallis. (*).

Sumber : reuters.



comments powered by Disqus