Nasional

TNI AD Punya Tiga Alutsista Baru, Meriam Caesar hingga Roket Astros

Gemariau.com | Kamis, 28 Maret 2019 - 12:11:36 WIB | dibaca: 251 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) Kodiklat Angkatan Darat terus berupaya memperbaharui modernisasi peralatan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Ada tiga alutsista yang menjadi prioritas.

Danpussenarmed Kodiklat AD, Kolonel Arm Purbo Prastowo, menjelaskan tiga alutsista modern terbaru tersebut didatangkan langsung dari luar negeri dan saat ini sudah berada di Pusdik AD.

"Meriam Caesar 155 jarak capainya bisa 40 kilometer. Ini dari Prancis. Kemudian yang paling modern Roket Astros buatan Brasil, jarak capainya sampai 90 kilometer dan ke depan kalau di upgrade bisa 300 kilometer. Kemudian yang paling baru Meriam GS M109 buatan Belgia," ujar Purbo saat ditemui Pussenarmed Kodiklat AD, Cimahi, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2019.

Dia mengatakan tiga alutsista ini akan ditempatkan di Kodam berbagai daerah Tanah Air. Lalu, juga akan ditempatkan di pulau terluar Indonesia.

Hal ini bertujuan agar memberikan deterrence effect atau strategi TNI AD untuk mencegah musuh mengambil tindakan untuk melakukan penyerangan.

"Rencananya akan ditempatkan di daerah timur yang masih kosong, di pulau-pulau terluar sehingga bisa menimbulkan deterrence effect," ujarnya.

Dengan alutsista yang baru, maka nantinya para personel yang akan mengoperasionalkan persenjataan itu akan dilatih terlebih dahulu di Pussenarmed Kodiklat AD. "Agar pada saat dibutuhkan tidak ragu-ragu lagi dalam mengoperasikan alutsista," katanya.

Kemudian, untuk melakukan perawatan terhadap alutsista baru itu, TNI AD telah mengirimkan personelnya untuk belajar perawatan tiga alutsista tersebut.

"Pemeliharaan ini ada beberapa satuan yang kita kirim, tidak hanya dari Armed, tapi juga dari Direktorat Peralatan kita juga kirimkan, karena ada alat-alat yang mungkin di luar kemampuan personel Armed yang akan ditangani oleh personel dari kesatuan lain," tuturnya.



comments powered by Disqus