Kab. Rokan Hilir

Terpangil Dari Hati Nurani, Tokoh Pemuda Balai Jaya Sofyan Tanjung Mendaftarkan diri di Capeng

Redaksi Gemariau | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 10:34:06 WIB | dibaca: 279 pembaca

Berita Terkait :

Gemariau.com, Balai Jaya - Terpanggil dari hati nurani, Sofyan Satiawan Tanjung, salah satu tokoh pemuda di kecamatan Balai Jaya ini, maju mendaftarkan sebagai calon penghulu (Capeng) Kepenghuluan Pasir Putih.

Jumat (4/8/2017) sekira pukul 11.00 wib, Sofyan Satiawan Tanjung didampingi istri, secara resmi menyerahkan berkas untuk pencalonan sebagai penghulu di ruangan panitia Pilpeng di kantor Kepenghuluan Pasir Putih, Kecamatan Balai Jaya, Rohil.

Usai penyerahan berkas, Sofyan Tanjung saat ditemui gemariau. Com mengatakan bahwa niat dan tujuannya maju dalam perhelatan Pilpeng adalah merupakan panggilan hati nuraninya untuk melakukan perubahan untuk desanya agar lebih baik dengan tata kelola, sebagaimana sesuai Peraturan dan Perundang Undangan yang berlaku di NKRI.

Ditambahkannya, jika masyarakat Kepenghuluan Pasir Putih mempercayakan amanah di pundaknya, Insya Allah prioritas yang beliau lakukan adalah menata sistem Pemerintahan yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah no 6 tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa, dimana Desa adalah demokrasi dan sosial masyarakat secara utuh.

Ditegaskannya, pentingnya roda ekonomi Desa yang hidup, tentu sosok Sofyan Tanjung telah memikirkan Kepenghuluan Pasir putih ke arah yang lebih baik dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang di nilai sangat Penting. "Mewujudkan Pasir Putih menuju yang lebih baik, tidaklah mustahil, sebab amanah undang-undang Desa telah merealisasikannya, namun hanya permasalahan waktu, dimana selama ini wujud BUMDes tersebut masih sebatas program di seluruh kepenghuluan di Kabupaten Rohil," kata Sofyan lagi.

Menurutnya, dalam rangka mewujudkan masyarakat Pasir Putih yang adil, sejahtera dan mandiri, Sofyan membawa visi misi "Mencerdaskan masyarakat, menciptakan tata kelola pemerintahan yang cerdas, amanah, jujur dan bertanggung jawab".

Sofyan juga menegaskan, penyerahan berkas hari ini kepada panitia Pilpeng merupakan tahap awal untuk maju sebagai Capeng. Menurutnya, masih ada tahapan lagi yang harus ia jalani. "Nanti kan diverifikasi dahulu, dari panitia Pilpeng dan dari Kabupaten, baru resmi jadi calon," pungkasnya lagi.

Untuk itu, ia berharap pesta demokrasi (Pilpeng) serentak tahun 2017 ini bisa berjalan damai, aman dan tertib. "Mudah-mudahan, Pilpeng serentak kali ini tanpa ada hambatan.

Terpisah, Ketua panitia Pilpeng Pasir Putih, Zulfikar kepada awak media mengungkapkan bahwa hari ini (Jumat, 4/8/2017) merupakan hari kedua pendaftaran Capeng dibuka. "Sampai hari kedua ini sudah dua orang yang menyerahkan berkas. Kemarin, pak Hariyen dan pak Sofyan Satiawan Tanjung. Kalau isunya, yang bakal mencalonkan, ada dua orang lagi," terang Zulfikar.(gr/zul)



comments powered by Disqus