Peristiwa

TEAM DAMKAR LAWAN SIJAGO MERAH

Oloan Roy | Senin, 27 Agustus 2018 - 21:04:01 WIB | dibaca: 143 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - PELALAWAN, Team Masyarakat Peduli Api dan Brigade Taman Nasional Tesso Nilo berhasil padamkan api diwilayah Desa Air Hitam Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan Riau Senin 27/08/2018. Kebakaran lahan tersebut diketahui hari Minggu tanggal 26 Agustus 2018 sekira jam 6 petang.

 Setelah mendapat informasi bahwa ada Kebakaran lahan dan hutan di lokasi,Team Masyarakat Mitra Polhut (mpp) dan Masyarakat Peduli Api (mpa) Desa Air Hitam yang dipimpin oleh Ketua MPP dan MPA Desa Air Hitam Mukmin Pane, langsung turun kelapangan walaupun dengan peralatan yang seadanya Team terus berusaha menaklukkan kan SIJAGO MERAH tersebut.

 Lokasi kebakaran sangat sulit ditempuh  dan areal yang jauh dari Sungai ditambah lagi akses jalan menuju ke lokasi tersebut tidak ada, sehingga  membuat Team sangat kewalahan karena alat yang dapat dibawa ke lokasi hanya seadanya saja serta jumlah personil yang sangat terbatas. namun keadaan itu tidak membuat Team putus asa,Team terus berusaha walaupun api sangat sulit untuk dipadamkan.

Hari Senin pagi (27/08/2018) Kepala Resort TNTN Gunawan danTeam Brigade Taman Nasional Tesso Nilo turun ke lokasi dibantu Kepolisian Sektor Ukui yang dipimpin langsung Kapolsek Ukui AKP Amriadi beserta anggota nya dan turut juga Babinsa dari Komando Rayon Militer Ukui. Dengan kekompakan sesama Team dilapangkan perlahan namun pasti api pun dapat dipadamkan untuk sementara walaupun dengan alat manual.

Kapolsek Ukui AKP Amriadi dilapangan menuturkan kepada media bahwa penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan."anggota kita masih melakukan penyelidikan,kita belum bisa memastikan sekarang kita tunggu saja nanti hasilnya" sampainya kepada gemariau.com.

Mukmin Pane ketua MPP dan MPA Desa Air Hitam kepada media juga mengatakan bahwa dengan kesabaran dan kekompakan Team yakni MPP, MPA, Kepolisian Sektor Ukui,dan Babinsa Ukui serta Brigade TNTN akhirnya pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik walaupun Team MPA masih terus memantau lokasi kebakaran tersebut."kita akan pantau perkembangan nya sedapat mungkin dan apabila masih terjadi lagi kita akan turun lagi. lahan nya gambut sehingga mudah merembet." Tuturnya.

Kepala Desa Air Hitam Tansi Sitorus sangat menyesalkan kejadian ini.Tansi mengharap kedepannya hal seperti ini tidak pernah terjadi lagi. Hal senada disampaikan oleh warga Simpang Silo,warga  Desa Air Hitam ini meminta agar seluruh elemen masyarakat agar tidak pernah membakar lahan lagi.



comments powered by Disqus