Peristiwa

TANGGUL KOLAM LIMBAH PKS PT INTI INDOSAWIT SUBUR UKUI JEBOL, CEMARI ALIRAN SUNGAI PEMATANG

Gemariau.com | Jumat, 05 Februari 2021 - 16:08:25 WIB | dibaca: 440 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PelalawanTanggul kolam limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT INTI INDOSAWIT SUBUR (IIS) UKUI jebol dan cemari aliran air (parit) perusahaan dan aliran Sungai Pematang yang berada dalam HGU perusahaan.


Humas Pabrik PT IIS Danton Sitompul ketika dikonfirmasi media mengaku bahwa tanggul kolam limbah jebol dan saat ini dalam perbaikan dan menurut Danton Sitompul, semua aliran air yang menuju sungai pematang telah di sumbat, dan saat ditanya jam berapa tanggul limbah tersebut jebol, Danton belum dapat memastikan awal kejadiannya.


"Tanggul kolam ada yang jebol bang, saat ini sedang diperbaiki dan semua aliran air menuju sungai pematang sudah di sumbat, masalah kapan jebolnya belum bisa kami pastikan bang, Polres Pelalawan dan DLH sudah check TKP dan masih mempelajarinya,"  kata Humas Pabrik PT IIS Danton Sitompul kamis 04 Pebruari 2021 melalui Pesan WhatsApp.


Akibat luapan dan pencemaran limbah tersebut, air disepanjang aliran Sungai berubah menjadi hitam pekat, baku mutu air dalam beberapa waktu lamanya dikhawatirkan sangat buruk serta dampak dari pencemaran tersebut dapat mengurangi kandungan oksigen dalam air sehingga dapat mengganggu kehidupan manusia dan ekosistem yang ada di dalam air sungai Pematang.


Besar harapan agar hukum tidak tajam kebawah dan tumpul keatas, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan pihak pihak terkait di Kabupaten Pelalawan berani untuk melakukan tindakan tegas terhadap PT ISS atas pencemaran lingkungan sesuai undang undang yang berlaku.

Penulis : Olo













comments powered by Disqus