Nasional

Sri Mulyani Jawab Kritik Prabowo Soal Utang RI Rp9.000 T

Gemariau.com | Senin, 25 Juni 2018 - 00:55:30 WIB | dibaca: 180 pembaca

Ilustrasi - net

Berita Terkait :

Gemariau.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut utang Pemerintah, BUMN dan lembaga publik hingga saat ini yang telah mencapai Rp9.000 triliun.

Prabowo mengutip pernyataan data utang negara-negara di dunia yang dikeluarkan oleh Moody's. Total utang RI itu dinilainya membahayakan perekonomian nasional.

"Kalau tadi disampaikan pandangan dari Moody’s, saya merasakan dia mengatakan kita di ranking 3. Tapi kalau kita bandingkan dengan dua ranking di atasnya yaitu Malaysia maupun India. Indonesia kan (utangnya) jauh lebih rendah," kata Sri di kantornya, Senin 25 Juni 2018.

Lebih lanjut dia mengatakan, total Utang Pemerintah per akhir Mei 2018 adalah sebesar Rp4.169,09 triliun atau sekitar 29,58 persen terhadap PDB hingga Mei 2018 yang diasumsikan sebesar Rp14.092,72 triliun. Dia menegaskan bahwa utang itu harus dibandingkan secara konsisten.

"Kalau utang korporasi itu dibandingkan dengan volume korporasi dan revenue-nya. Kalau BUMN ya BUMN terhadap total aset, kalau rumah tangga ya rumah tangga," katanya.

Dia menegaskan, pemerintah akan tetap menjaga pengelolaan keuangan negara di APBN secara hati-hati.(al/viva)



comments powered by Disqus