Nasional

Sidak 12 Agen, Satgas Ungkap Penyebab Kelangkaan LPG 3 Kg

Gemariau.com | Rabu, 06 Desember 2017 - 22:50:11 WIB | dibaca: 55 pembaca

Berita Terkait :

Gemariau.com - Tim Gabungan Satgas Pangan Polres dan Pemkab Pekalongan, menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah agen gas LPG 3 kg yang tersebar di Kabupaten Pekalongan. Sidak itu untuk menindaklanjuti laporan langkanya gas sepekan belakangan.

Petugas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Dinperindagkop) dan UMKM Kabuparen Pekalongan, Makhroji mengatakan, dari sidak ke 12 agen, pasokan gas LPG 3 kg sebenarnya sudah mencukupi. Namun dalam pendistribusiannya, kerap mengalami keterlambatan.

"Hanya masalah keterlambatan distribusi dari pangkalan ke pengecer. Sehingga terkesan langka," ucap Makhroji.

 

Keterlambatan itu disebabkan karena antrean panjang saat isi ulang gas LPG di SPBE. Ia juga membeberkan masalah lain yang membuat gas LPG terkesan langka.

Dalam sidak itu, Muchroji juga menemukan adanya konsumen yang membeli gas LPG 3 kg dalam skala besar. Pembelian itu dilakukan di tingkat agen sehingga mengurangi alokasi gas LPG 3 kg untuk pangkalan.

Faktor lain yang membuat gas LPG 3 kg langka adalah komitmen PT Pertamina untuk mengurangi pasokan. Pasalnya, gas LPG 3 kg akan segera dikonversi menjadi LPG 5 kg.

"Karena pengguna gas 3 kg terus meningkat. Indikasinya, sudah tidak sesuai peruntukan. Warga mampu dan industri juga membeli gas LPG 3 kg," kata dia. (al/Lpt6)



comments powered by Disqus