Kab. Pelalawan

Sekdaprov Optimis Partisipasi Pemilih Capai Target 77,5 Persen

Gemariau.com | Rabu, 09 Desember 2020 - 16:43:53 WIB | dibaca: 94 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM -PANGKALAN KERINCI, Sekretaris daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya, meninjau pelaksanaan pencoblosan Pilkada di Kabupaten Pelalawan. 

Dimana Kabupaten Pelalawan merupakan satu dari sembilan daerah yang menyelenggarakan Pilkada di Provinsi Riau. 

Proses pencoblosan berlangsung pada hari ini dengan jumlah pemilih sebanyak 219.203 orang yang tersebar di 850 TPS  di 12 kecamatan. 

Demikian hal ini disampaikan Sekdaprov Riau Yan Prana didampingi Bupati Pelalawan HM Harris media usai meninjau pencoblosan pilkada di TPS 28 Jalan Seminai Kelurahan Kerinci Kota Kecamatan Pangkalan Kerinci, Rabu (9/12) pagi sekitar pukul 08.00 wib. 

Dikatakan Yan Prana bahwa, dirinya memberikan apresiasi dengan kesigapan Bupati Pelalawan beserta forkompinda Pelalawan dalam mempersiapkan Pilkada di daerah ini. Pasalnya, pelaksanaan pencoblosan pesta demokrasi di Negeri Seiya Sekata ini telah mematuhi protokol kesehatan secara ketat. 

"Ya, secara umum prosedur pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik. Dimana pemilih yang datang, wajib cuci tangan dulu, kemudian dites suhu dan pakai sarung tangan plastik. Bahkan, saya juga melihat para petugas juga memakai face shield untuk menguatkan prosedur kesehatan," terangnya.

Selain penerapan protokol kesehatan dengan ketat kepada para pemilih, lanjut Yan Prana, semua petugas yang terlibat dalam proses penjagaan hingga nanti penghitungan suara, ia pastikan sudah melewati tes Covid-19. Apalagi aturannya ada 15 protokol kesehatan selama pemilu ini. Dimulai dari pembatasan jumlah, jaga jarak hingga durasi waktu dipercepat. Bahkan, tempat pemungutan suara, juga sudah di semprot cairan disinfektan. 

"Dan semua petugas juga telah di rapid tes, sehingga jika ada hasilnya yang reaktif, maka tentunya akan langsung diganti," paparnya seraya menyebutkan 
dirinya telah mendapat penjelasan dari Ketua KPU Pelalawan terkait prokes 
yang diberlakukan di setiap TPS. 

Selain penerapan prokes secara ketat, sambung Sekdaprov, dirinya juga melihat partisipasi pemilih yang datang relatif tinggi. Dirinya pun optimis partisipasi pemilih di Negeri Amanah ini bisa sesuai dengan target di atas 77,5 persen.

"Dalam peninjauan ini, saya juga sempat bertanya kepada warga, dan rata-rata mereka sudah paham calonnya siapa saja. Mereka punya keyakinan untuk memilih dengan baik. Jadi, hasil peninjauan ini akan saya laporan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau untuk disampaikan ke pemerintah pusat bahwa pelaksanaan pilkada di 9 Kabupaten/Kota di Riau, sementara ini berjalan dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris didampingi Ketua KPU Pelalawan Wan Kardiwandi menambahkan bahwa, 
dirinya optimis tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada di Pelalawan ini bisa mencapai target Nasional yakni 77,5 persen. Untuk itu, dirinya mengimbau pada masyarakat yang belum melakukan hak pilihnya untuk segera menyalurkan hak pilihnya ke TPS-TPS. Pasalnya, satu suara pemilih akan menentukan pemimpin dalam lima tahun ke depan. 

"Dan saya juga apresiasi dengan &kinerja KPU Pelalawan yang benar-benar telah menerapkan Prokes dalam Pilkada ini," tutupnya. (Sur)



comments powered by Disqus