Advertorial

GUBRI dan WAGUBRI Ikut Mencicipi Makanan Kahas Melayu

Riau Expo 2017, DISPAR Sajikan Hal-hal yang Menarik

Gemariau.com | Minggu, 15 Oktober 2017 - 13:02:16 WIB | dibaca: 264 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayananan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau, bekerjasama dengan Event Organizer PT Malik Ghonniyu Razak menyelenggarakan event tahunan  Riau Expo 2017, yang langsung dibuka oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bertempat, di SKA CO EX (Komplek Mall SKA), Jl. Soekarno Hatta, Pekanbaru, Sabtu (14/10/2017).

Pada Iven Riau Expo 2017 yang digelar di Ska Co Ex Pekanbaru menampilkan 281 stan. Pada acara ini, Dinas Pariwisata (Dispar) provinsi Riau guna memikat pengunjung singgah ke stan pamerannya berusaha menyajikan sajian menarik.

Sajian yang ditampilkan diantaranya, makanan khas Melayu seperti mie sagu dari Kepulauan Meranti dan Sempolit dari Indragiri Hilir, Tenun Riau dan berbagai informasi kepariwisataan yang ada di Riau.

Pada malam pembukaan yang dibuka oleh Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman, didampingi wakilnya H Wan Thamrin Hasyim, Sabtu (14/10), Stan Dispar Riau ramai didatangi pengunjung, bahkan orang nomor satu di Riau tersebut beserta wakilnya turut mengunjungi serta mencicipi makanan khas Melayu yang disajikan.

Seusai dikunjungi Gubri, Kadis Pariwisata provinsi Riau Fahmizal bersama-sama Bujang Dara Riau 2017 dan berjoget Randai sambil diiringi musik khas daerah itu.

Suasana pun pecah para pengunjung beramai-ramai turut berjoget di depan stan pameran Dispar Riau.
Riau Expo 2017 yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) 14-20 Oktober menonjolkan kepariwisataan selain itu juga mempromosikan usaha industri berskala besar dan menengah ke bawah.

Tema yang diusung tahun ini juga mengangkat tentang kebudayaan dengan menghulu budaya Melayu, menghilir Riau berintegritas, menampilkan berbagai potensi kepariwisataan yang ada di kabupaten atau kota di Riau serta menggelar RIF (Riau Investment Forum) yang mengundang beberapa narasumber khusus di bidang pariwisata, perdagangan, dan pelaku bisnis stakeholder.

Pengunjung Tidak Dibebankan Biaya.

Dari 280 booth yang tersedia di gelarang Riau Expo 2017, sudah ada 260 yang terisi. Pesertanya mulai dari pemerintah daerah (pemda) dari 12 kabupaten/kota, pihak swasta, serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bahkan tak hanya dari Provinsi Riau saja, pengisi booth ini juga banyak yang datang dari luar provinsi, bahwa sampai luar Pulau Sumatera.

"Kita buka 280 booth tahun ini. Pesertanya mulai dari pemerintah daerah (pemda) dari 12 kabupaten/kota, pihak swasta, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan 10 dari luar Riau," papar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau Evaferita dalam konferensi pers di Fanybella Kafe, Panam, Pekanbaru, Senin, 9 oktober 2017.

Di kesempatan yang sama Presiden Direktur PT. Malik Ghonniyu Razaak, Dewi Rosariyanti Syam mengatakan pihaknya masih membuka kesempatan peserta yang ingin mendaftar dalam iven Riau Expo 2017 ini.

"Kami masih buka kesempatan sampai tanggal 12 Oktober 2017 mendatang," katanya.

Rosa menjelaskan, pihaknya telah menyediakan sebanyak 60 booth khusus untuk UMKM. Harga yang ditawarkan untuk satu standnya sekitar Rp 5,6 juta. Stand tersebut berada di bawah, berupa satu tenda yang berukuran 3 x 3

Meskipun memakai gedung yang mewah, Eva mengatakan Riau Expo 2017 tidak dibiayai oleh APBD Riau, melainkan dibebankan kepada Event Organizer (EO) pemenang lelang. Gedung ini dipilih dengan memperhatikan beberapa aspek, yaitu kenyamanan dan cuaca yang memasuki musim penghujan.

"Dulunya memang Riau Expo dilakukan di luar ruangan. Akan tetapi melihat kondisi cuaca yang sering hujan, mungkin sudah tepat kita memanfaatkan fasilitas gedung SKA CoEx Pekanbaru," katanya.

Meskipun diadakan di gedung mewah, Eva mengatakan masyarakat yang ingin mengunjungi Riau Expo 2017 tidak dibebankan biaya parkir. Karena parkir kendaraan di SKA CoEx selama iven Riau Expo 2017 ini akan digratiskan. Sehingga masyarakat dapat dengan nyaman datang dan melihat pameran-pameran dalam iven ini.

"Nantinya kita juga akan datangkan artis di penutupan Riau Expo. Jadi masyarakat harus datang," ajaknya.

Riau Expo 2017 yang akan berlangsung mulai tanggal 14 hingga 20 Oktober 2017 ini mengusung tema yang senada dengan HUT Riau beberapa waktu lalu, yaitu Menghulu Budaya Melayu, Menghilir Riau Berintegritas.(adv/grc)




comments powered by Disqus