Hukrim

Ratna Sarumpaet Terancam 10 Tahun Penjara

Gemariau.com | Kamis, 04 Oktober 2018 - 23:38:15 WIB | dibaca: 46 pembaca

Ratna Sarumpaet Ditangkap di Bandara Soetta

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Aktivis Ratna Sarumpaet ditetapkan sebagai tersangka dengan dugaan penyebaran berita bohong atau hoax terkait penganiayaan terhadapnya. Atas kasus tersebut, Ratna terancam 10 tahun penjara.

Ratna sebelumnya mengklarifikasi tak mengalami penganiayaan di Bandung seperti yang dikatakan sebelumnya. Melainkan, Ratna menjalani operasi plastik di Rumah Sakit Bina Estetika di Menteng, Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, Ratna dijerat pasal 14 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Ditegaskan Argo, dia terancam hukuman 10 tahun penjara.

"Tersangka kita kenakan pasal 14 undang-undang Nomor 1 Tahun 46 tentang peraturan hukum pidana di situ dan juga dengan undang-undang ITE pasal 28 kita juncto-kan pasal 45 ancamannya 10 tahun," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis malam 4 Oktober 2018.

Saat di Bandara Soetta, Polisi bekerjasama dengan pihak Imigrasi untuk melakukan penangkapan Ratna yang rencananya akan bertolak ke Cile melalui Turki. Argo menjelaskan bahwa Ratna ditetapkan sebagai tersangka setelah melalui penyelidikan mendalam dan kegiatan pengumpulan barang bukti.

"Setelah kita melakukan kegiatan itu kita melakukan permohonan pencekalan ke imigrasi. Tadi sekitar pukul 20.00 lebih kita mendapat informasi bahwa akan ada keberangkatan seorang Ibu Ratna Sarumpaet ke luar negeri, meninggalkan Indonesia," ujarnya.

Untuk kelanjutan kasus dugaan penyebaran hoax ini, polisi akan mendalami lebih lanjut sebelum menjatuhkan keputusan hukuman pidana. "Kita akan dalami seperti apa nanti," jelasnya. (viva/gr)



comments powered by Disqus