Kab. Kampar

Bupati : Program Kampung Tangguh Nusantara TNI-Polri Patut didukung

Program Kampung Tangguh Nusantara TNI-Polri di Kampar Dimasa Covid-19

Gemariau.com | Jumat, 10 Juli 2020 - 15:14:18 WIB | dibaca: 121 pembaca

Berita Terkait :

Kampar(Gemariau.com) – Mendukung ketahanan pangan, Program Kampung Tangguh Nusantara TNI-Polri secara virtual yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jenderal Polisi Drs Idham Azis MSI. Dikawasan SPN Polda Riau yang berada di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau telah Lounching Gerakan Jaga Kampung pada Kamis (09/07/2020).
 
Pantauan wartawan, dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Polisi Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI, Gubernur Riau diwakili Wakil Gubernur Riau H Edi Afrizal Natar Nasution SIP, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka beserta rombongan Pejabat Utama Jajaran dari Provinsi Riau.
Sebagai tuan rumah Program Kampung Tangguh Nusantara TNI-Polri di Daerah Kabupaten Kampar wilayah Provinsi Riau, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH hadir langsung menyambut rombongan dari Provinsi Riau didampingi oleh Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK dan Dandim 0313/KAMPAR Letkol Inf Aidil Amin SIP beserta Ketua DPRD Kabupaten Kampar diwakili H Fahmil SE (Waka.DPRD Kabupaten Kampar) bersama Pejabat Utama dan Kepala OPD Kabupaten Kampar se-Jajaran.
 
Diawali dengan mengikuti Lounching Kampung Tangguh Nusantara secara virtual dari Kabupaten Tangerang Banten dipimpin oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polis Drs Idham Azis MSI. Selanjutnya, Lounching Jaga Kampung bertempat di SPN Polda Riau Kecamtan Tambang Kabupaten Kampar.
Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas nama masyarakat daerah Kabupaten Kampar khususnya kepada POLRI di Polda Riau dan TNI dengan harapan bernilai manfaat yang sangat baik bagi masyarakat.
 
Sambutan dari Wakil Gubernur Riau H Edi Afrizal Natar Nasution SIP juga menyampaikan atas nama Pemerintahan Provinsi Riau apresiasi dengan terlaksananya Gerakan Jaga Kampung Polda Riau. Semoga terbangunnya soliditas sangat baik antara TNI-Polri sebagai jaminan rasa aman bagi masyarakat Provinsi Riau pada umumnya, dan nilai membangkitnya kondisi perekonomian masyarakat ditengah masa pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, termasuk Riau tentunya.
Dijelaskan Kapolda Riau dalam arahannya, “gerakan jaga kampung Polda Riau ini merupakan penjabaran dari Program Kampung Tangguh Nusantara, dan ini sudah dilaksanakan di 12 Polres Daerah/Kota se-Jajaran Polda Riau.” Papar Irjen Polisi Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI.
 
“dengan harapan, program ini tidak terhenti disini saja. Namun terus terlaksana berkesinambungan guna manfaat dapat dirasakan masyarakat, dan terima kasih kepada mitra pendamping dari pihak swasta yang bersedia bekerjasama dalam mendukung jalannya program ini.” Ujar Kapolda Riau.
Disela kegiatan ini, telah dilaksanakan penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta paket sembako bantuan lainnya kepada kelompok tani Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Kemudian dilanjutkan dengan penyemaian bibit jagung dikawasan SPN Polda Riau oleh Pimpinan pejabat tingkat Provinsi Riau dan Daerah Kabupaten Kampar.
 
Bupati Kampar menambahkan disela kegiatan ini, ”hal ini patut kita dukung secara bersama. Sebab program yang dibuat Panglima TNI dan Kapolri serta jajaran sampai ke Polres dan Kodim se-Indonesia, telah memperlihatkan solidaritasnya antara. Ditengah situasi pandemi Covid-19, solidaritas TNI dan Polri akan menjadi jaminan bagi masyarakat memiliki rasa aman dan nyaman.” Ungkap Catur Sugeng.
 
“program ini bertujuan untuk penguatan disektor pertanian dan perikanan serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan merupakan antisiapasi ketahanan pangan dalam rangka menghadapi pandemi covid-19 yang belum tentu kapan akan berakhirnya.” Terangnya.
 
Dilahan seluas 4 Hektar sebelum penanaman dari bibit jagung serta penaburan benih ikan, secara simbolis Bupati Kampar didampingi Kapolres Kampar beserta Dandim 0313/KPR menyerahkan bantuan kepada masyarakat berupa bibit tanaman ketahanan pangan dan benih ikan beserta peralatannya bersama paket sembako lainnya.
Dikesempatan ini, Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid juga menyampaikan bahwa gerakan Jaga Kampung Polda Riau dari bagian Program Kampung Tangguh Nusantara bertujuan memotivasi seluruh komponen masyarakat, guna turut berpartisipasi dan bergotong royong meningkatkan ketahanan pangan, terutama dimasa pandemi Covid-19.
 
“disini dihimbau kepada masyarakat juga, untuk menerapkan protokol kesehatan dalm mencegah penyebaran Covid-19 dan penerapan dalm pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat. Semoga kegiatan ini menginspirasi masyarakat Kampar khususnya melakukan kegiatan dari program gerakan ini, dan benar-benar dirasakan manfaatnya bagi masyarakt luas.” Ujar Kholid. 
 
Usai acara, seluruh pimpinan dan pejabat beserta peserta undangan kegiatan ini bersilaturahmi sambil melakukan peninjauan di titik dari program ketahanan pangan tersebut.


Report : MHasbi



comments powered by Disqus