Hukrim

POLSEK Sukajadi Ringkus Pelaku Pengganjal Mesin ATM

Gemariau.com | Selasa, 05 Desember 2017 - 13:50:55 WIB | dibaca: 45 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Polisi Sektor (Polsek) Sukajadi Resort Kota (Resta) Pekanbaru menggelar Press Release penangkapan pelaku pengganjal mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang beraksi di Kota Pekanbaru.
 
Turut hadir gelar Press Release tersebut, Kapolsek Sukajadi AKP Zulfa SIK, Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Iptu Polius Hendriawan. Dimana pelaksanaan Press Release itu, di Mapolsek Sukajadi Jalan Rajawali Pekanbaru, Selasa (5/12/2017).
 
Dimana Team Opsnal Polsek Sukajadi telah mengamankan pelaku berinisial DW (51), merupakan warga Pasaman Sumatra Barat. Berawal dari adanya laporan korban pada hari Selasa, 10 Oktober 2017. Saat itu korban mengalami kerugian akibat ganjal kartu ATM.
 
Personil kemudian melakukan penyelidikan pada hari Sabtu, 2 Desember 2017 sekira pukul 03.00 WIB dini hari, di salah satu hotel yang ada di Pekanbaru, Team Opsnal Polsek Sukajadi langsung menangkap salah seorang pelaku inisial DW.
 
Kemudian dari pengakuan tersangka DW (51) melakukan aksinya dengan cara memasukan terlebih dahulu tusuk gigi ke dalam mesin ATM. Sasaran korban para orang tua, berpura-pura membantu korban yang telah memasukkan kartu ATM dan saat akan mengeluarkan kartu ATM tersebut tidak keluar.
 
Selanjutnya pada saat itulah pelaku mulai beraksi dengan membantu korban dan menukar kartu ATM dengan warna yang sama. Adapun tugas dari pelaku lainya untuk mengalihkan perhatian serta menghafalkan nomor Pin ATM korban.
 
Sedangkan dari pengakuan tersangka DW (51), telah beraksi di 11 TKP. Namun, pelaku tidak mengetahui betul jalan yang ada di Pekanbaru. Hasil dari kejahatan dibagi rata dengan pelaku lainnya dan digunakan pelaku untuk biaya sewa hotel dan untuk berfoya.
 
Bahkan, para pelaku beraksi di beberapa ATM yang ada di SPBU ataupun rumah sakit yang kurang dengan pengawasan Security. Para pelaku mendapat keahlian ganjal ATM dengan belajar dari internet, yang kemudian di praktekkan. Sedangkan pelaku DW (51) diancam dengan pasal 363 KUHPidana, dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun.
 
Kapolsek Sukajadi mengatakan kepada masyarakat yang menjadi korban, pelaku pengganjal ATM segera melapor. "Diharapkan kepada masyarakat yang telah menjadi korban dari pelaku ganjal ATM ini, untuk segera melapor ke Polsek Sukajadi guna dilakukan pengusutan lebih lanjut," ungkap Kapolsek Sukajadi AKP Zulfa SIK.
 
Ditambahkan oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SH SIK MH melalui Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Iptu Polius Hendriawan menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi di ATM, agar membawa teman, usahakan jangan sendirian saat bertransaksi di ATM. Apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan segera lapor ke kantor kepolisian terdekat.***



comments powered by Disqus