Nasional

Polri Bakal Proses Laporan Eks Danjen Kopassus

Gemariau.com | Selasa, 24 Juli 2018 - 02:21:13 WIB | dibaca: 70 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Polri memastikan akan menindaklanjuti laporan dari Direktur Utama PT Sebuku Tanjung Coal (STC) Mayjen (Purn) Soenarko terhadap seorang perwira tinggi Mabes Polri.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto bahkan menyebut bahwa laporan mantan Danjen Kopassus itu sedang didalami Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri

“Jadi nanti di Itwasum ada Irsus (Inspektur Khusus), dia yang akan mengecek kalau memang itu apa yang seperti dilaporkan ada prosesnya sendiri. Kalau siapa-siapa yang terlibat, nanti Propam yang akan turun," kata di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/7).

Polri, sambungnya, akan menindaklanjuti seluruh laporan yang datang dari masyarakat, tanpa melihat latar belakang pihak pelapor.

“Kita enggak akan main-main, semua masyarakat bisa melihat apakah yang melapor jenderal atau itu masyarakat, tetap kita layani," tegasnya.

Selain ke Irwasum, Soenarko juga telah melaporkan ketidaknetralan Polisi dalam menangani sengketa lahan antara PT STC dengan PT MSAM ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) lantaran Bareskrim menghentikan penyelidikan saat menangani laporan penyerobotan lahan tersebut.

Ia menduga, penghentian penyelidikan itu diintervensi oleh seorang petinggi Polri berpangkat Komjen. Namun Soenarko enggan menyebutkan secara gamblang siapa petinggi itu.

"Di atasnya Kabareskrim lah gitu aja, yang mengintervensi ini kira-kira. Iya (petinggi yang dilaporkan berpangkat Komjen)," ujar Soenarko, di Mabes Polri, Senin.

Soenarko sendiri telah memasukkan surat laporan tersebut ke Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri untuk ditindaklanjuti. [rmol/gr]



comments powered by Disqus