Ekonomi

PLUT RUMAH BESARNYA DAN KAMPUNG UKM DIGITAL

Gemariau.com | Senin, 30 September 2019 - 11:33:20 WIB | dibaca: 380 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Dalam percepatan pertumbuhan perekonomian masyarakat di Provinsi Riau, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Riau yang beralamat di Jalan Delima - Garuda, Kecamatan Tampan,  Pekanbaru,  selalu berinovasi untuk membimbing dan mendampingi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seRiau Khususnya Kota Pekanbaru untuk tumbuh dan berkembang dalam memajukan ekonomi keluarga dan kelompok.

Hal ini di benarkan oleh  ASY"ARI, selaku Kepala UPT PLUT Kumkm Disdagkop ukm Provinsi Riau diruangan kerjanya, Riau.
Ia juga mengatakan bagi CALON wirausaha baru yang sedang merintis Usaha atau pelaku UMKM yang sedang menjalankan usaha.

"Mari kita manfaatkan jasa-jasa nonfinansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi umkm  dalam upaya meningkatkan kinerja produksi, pemasaran, Sdm, IT, akses pembiayaan, kelembagaan/legalitas Usaha dan kemitraan," jelas Asyari, pada Senen (31/9/2019).

Selanjutnya Asyari menambahkan bahwa PLUT merupakan program kementrian Koperasi dan ukm, plut ini dibangun untuk umkm sebagai Rumah besarnya umkm. 

"PLUT rumahnya kita, di plut sudah menunggu 7 konsultan yg siap malayani umkm untuk konsultasi dan mentor pendampingan," ujarnya.

"Calon wirausaha baru /pelaku Umkm tak PERLU cemas Karena Jasa konsultasi dan mentor pendampingan dengan konsultan yang sudah kompeten diberikan secara gratis, begitu juga mengikuti bimtek dan kelas bisnis juga secara gratis," ungkapnya.

PLUT RIAU selain sebagai rumah besarnya Umkm Sejak 17 November 2017, sudah dilaunching jadi KAMPUNG UKM digital. Sebagai KAMPUNG UKM digital, maka akan tercipta ekosistem bisnis melalui pemanfaatan tehnologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan daya saing kumkm dalam Rangka menghadapi daya saing umkm menghadapi masyarakat Economic Asean. 

KAMPUNG UKM digital ini menjadi satu-satunya model pengembangan networking IT Indonesia. Dan KAMPUNG Umkm digital bisa menjadi  inspirasi dan motivasi bagi Umkm sehingga umkn benar-benar maju, dan modern di era digital ini.

"UMKM RIAU harus Bangkit kuasai selain pemasaran offline, kuasai pemasaran online, jangkauan pasar semakin luas. Selain itu sudah tentu harus diiringi peningkatan kwalitas mutu produknya, kemasan produknya dan legalitas usahanya," katanya.

"Pengusaha online saat ini masihlah kurang, sebaiknya  UMKM RIAU menguasai market place dalam memasarkan produknya, semua umkm offline sebaiknya semuanya juga jadi pengusaha online," ucap Asyari.

Di kampung ukm Digital umkm kita berikan pelatihan ecommerce sehingga umkm mampu membuka toko online dan mampu meng uplood photo-photo produknya, harganya, dan keunggulan produknya.

"Kita berharap kedepan dengan dijadikannya plut sebagai Rumah besarnya umkm dan KAMPUNG UKM digital, akan lahir produk produk umkm yang di Ekspor ke keluar negeri. Indonesia yang kaya atas kekayaan alam dan penduduk yang banyak sudah seharusnya Ekspor kita juga harus banyak," tutup Asyari, SH, (gr/64n).
 
Kontak Person (PLUT) : 081275086799



comments powered by Disqus