Advertorial

Peserta Muskomwil I APEKSI Kagum Perkembangan Kota Pekanbaru

Gemariau.com | Selasa, 06 Februari 2018 - 23:27:43 WIB | dibaca: 559 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Setelah Resmi dibuka Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (Apeksi) resmi dibuka oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Apeksi di Ballroom Hotel Arya Duta di Jalan Diponegoro Pekanbaru yang merupakan tempat dilaksanakanya Muskomwil I Apeks dan dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Ketua DPP Apeksi, Tengku Zulmi Eldin, pada Kamis 01 Februari 2018 kemarin, yang juga dihadiri Sebanyak 24 Walikota dari lima Provinsi di Pulau Sumatera yang ada, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau hadir dalam kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPP Apeksi Tengku Zulmi Eldin di hadapan ratusan undangan yang hadir pada acara Muskomwil I Apeksi mengucapkan selamat kepada peserta yang hadir untuk mengikuti Muskomwil I Apeksi, dan berharap melalui acara ini mampu memunculkan sejumlah ide dan gagasan yang membangun, serta dapat menjadi inspirasi yang nantinya dapat dibawa pulang oleh peserta Apeksi ke daerahnya masing-masing.

 Dan tak lupa Walikota Pekanbaru, Firdaus yang juga Wakil Ketua Komwil I Apeksi mengucapkan selamat datang kepada 24 Walikota yang hadir dalam acara tersebut. Berharap acara dapat berjalan dengan lancar, orang nomor satu di Pekanbaru juga mengimbau kepada peserta Apeksi untuk dapat mengikuti serangkaian acara hingga selesai, yang berlangsung 1-3 Februari 2018.

"Atas nama tuan rumah kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak/Ibu Walikota yang hadir dalam acara Apeksi. Semoga kita dapat mengikuti seluruh rangkaian acara yang digelar, dan berjalan dengan lancar," ucap Firdaus.

Pada Muskomwil I Apeksi ini Walikota Pekanbaru juga sempat memaparkan visi misinya khususnya terkait konsep Pekanbaru Smart City Madani. Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Profesor Zudan Arif Fachrullah.

Serangkaian kegiatan juga dilaksanakan pameran kerajinan khas unggulan Kota Pekanbaru dan penanaman pohon, pelatihan singkat pembuatan kerajinan tangan khas Kota Pekanbaru hingga city tour. Pada hari penutupan ini dilaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya pawai budaya dan pembukaan City Expo yang digelar di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Hj Airin Rachmi Diany SH, MH didampingi Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT meninjau Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru, Jalan Pepaya. Jumat (2/2/2018) kemarin.

Peninjauan yang dilakukan tersebut dilakukan bersama rombongan peserta Apeksi lainnya yang tujuannya untuk mengenalkan lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT  yang ada di Pekanbaru Command Center.

Pada kesempatan itu Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra, ST, MT mempresentasikan atau menjabarkan kepada rombongan, tentang fungsi satu-persatu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.

"Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya. Selain itu, Pekanbaru Command Center ini juga disediakan koneksi CCTV dengan alat canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga  lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru," ujar Eka.


Selain itu, Ketua Apeksi I Sumatera Mahyedi Anhasrullah juga mengapresiasi Kota Pekanbaru selaku tuan rumah dalam acara tersebut, apalagi 24 perwakilan walikota turut hadir. "Kegiatan ini sangat penting, terutama dalam mensejahterakan masyarakat, sesuai dengan temanya," sebutnya.

"Saya yakin dan percaya semua yang hadir ingin melihat langsung kemajuan pesat di Pekanbaru, dari berbagai aspek sebagai bahan studi pembanding yang akan dibawa kembali ke kotanya masing-masing," singkatnya.

Ketua Apeksi Regional I, Mahyeldi Ansharullah yang juga merupakan Walikota Padang ini, sangat mengapresiasi kegiatan Muskomwil I Apeksi diadakan di kota Pekanbaru ini, dan menurut Mahyeldi perkembangan kota pekanbaru saat ini sangat pesat.

"Saya Kagum akan perkembangan Kota Pekanbaru, dibuktinya dapat dilihat dengan pembangunan infrastruktur dan gedung perkantoran yang dapat kita lihat, apalagi saat ini PEMKO Pekanbaru sedang melaksanakan pembangunan Gedung Perkantoran baru di Tenayan dan banyak lagi perubahan-perubahan yang saya lihat," ungkapnya disela-sela kegiatan Muskomwil I Apeksi, pada Sabtu (3/2/2018).

Dari Hasil sidang pleno kemarin yang dilakukan 24 Walikota dari 5 Provinsi Se-Sumatera, memilih Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT sebagai Ketua Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Komwil I APEKSI) untuk periode 2018 hingga 2021.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Apeksi Airin Rahmi Diany yang juga merupakan Walikota Tangerang Selatan, Jumat (2/2/2018) kemarin, di hotel Aryaduta Pekanbaru, Riau. Dan hal ini menjadi Kebanggaan Masyarakat Kota Pekanbaru. (adv/Diskominfo)



comments powered by Disqus