Ekonomi

PLUT ADAKAN SINERGISITAS, PLUT RITAIL MART DAN UMKM

PENGELOLA RETAIL MART, SIAP TAMPUNG PRODUK UMKM BINAAN PLUT RIAU

Gemariau.com | Jumat, 02 Agustus 2019 - 16:30:11 WIB | dibaca: 530 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Dalam rangka menata para pelaku UMKM di Provinsi Riau, Pusat Layanan Usaha Terpadu(PLUT),Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah(KUMKM) yang berada di jalan Garuda-Delima Kecamatan Tampan Pekanbaru, ADAKAN SINERGISITAS, TEMU PLUT  RITAIL MART DAN UMKM, yang bertempat diruangan Central for Integrated Services of SMEsCo (CIS), PLUT - KUMKM Provinsi Riau, pada Jumat, 2/8/2019, pukul 13.00 WIB.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Riau yang diwakili Kepala PLUT(Pusat Layanan  Usaha Terpadu), ASYARI,SH, tampak hadir dan memimpin kegiatan ini. selain itu juga hadir Mitra PLUT dari perguruan tinggi DR.ZAHRIZAL, SE, dan juga seluruh retail mart serta para pelaku UMKM se Provinsi Riau.

Dalam Kesempatan ini Kepala Plut Provinsi Riau  ASYARI, SH, menjelaskan bahwa temu Retail mart dan UMKM ini, guna mensinergikan antara retail dan UMKM.

"Kegiatan-kegiatan PLUT dan kegiatan UMKM serta assosiasi sudah terbiasa kita di lakukan di PLUT," ujar Asyari.

Selain itu Kepala PLUT ini juga mengatakan dalam PLUT ini ada 7 layanan, pertama untuk KUMKM dibidang sumber daya manusia, kedua dibidang produksi, ketiga 
dibidang kelembagaan, keempat dibidang pemasaran, kelima bidang Ilmu tehnologi(IT), keenam pembiayaan dan ketujuh dibidang kerjasama.

"Untuk kegiatan hari ini kita titik beratkan peran PLUT dibidang pemasaran," Ucap Kepala PLUT ini.

Untuk pemasaran peran PLUT menggandeng ritail mart untuk memasarkan produk UMKM yang ada di provinsi riau.

Adapun para Retail atau gerai yang menunggu Produk UMKM Binaan PLUT Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Riau

1. 212 Mart Sembilang Rumbai (Netty/Edwar/Dila)
2. 212 Mart Yos Sudarso Rumbai (B Elva)
3. 212 Mart Subrantas (P Asnawir/Rio)
4. 212 Mart Jl. Rambutan  (P Ilham)
5. Kita Mart Jl Balam (utk 5 Toko) Pak Hendar/Miran/Bu Dewi
6. Kita Mart Duri (utk 6 Toko) P Eka
7. Az Zuhra Mart Jl. T Bey (P Mulyadi/P Husein)
8. Zam Zam Mart Jl.Garuda Sakti (P Mulyadi/P Husein)
9. Rantau Mart Kerinci 2 Gerai (Point kumpul Produk KKSR Jl. H Imam Munandar No 26) P Hafizur/Netty
10. Gerai Rinjani Jl. A Yani
11. Gerai Ananda Jl. (P Simon)
12. Gerai Kembang Setaman.

Ibu Netty salah satu peserta ritail yang hadir dari retail 212 MART di rumbai mengatakan target dari retail 212 MART ini, bagaimana usaha communists ini bisa untuk komunitas juga yaitu dari umat untuk umat.

"Dengan adanya bantuan penggandengan dari PLUT ini, kami merasa terbantu untuk bertemu dengan UMKM yang memiliki produk-produk, yang siap masuk ke toko kita," katanya.

Selain itu salah satu produsen yaitu Pak Simon dari pelaku UMKM di Riau sangat bersyukur sekali dengan adanya penggandengan para ritail mart yang di Provinsi Riau apalagi adanya bimbingan tehnis dan pelatihan-pelatihan yang di taja oleh PLUT UMKM PROVINSI RIAU.

"Dengan adanya retail yang di gandeng oleh PLUT saat ini, sangat membantu kami dalam memasarkan produk dan menambah Income kami," ungkapnya.

Saat ditanya oleh awak media apa saja yang didapat oleh UMKM dan para retail ini yang salah satunya untuk penambahan permodalan dengan bergabungnya di PLUT ini, ASYARI, SH menjelaskan bahwa sesuai dengan perannya, PLUT itu hanya tempat berkonsultasi dan pendampingan, para UMKM terhadap masalah-masalah pemasaran serta kualitas produksi.

"Untuk masalah permodalan, PLUT-UMKM ini siap berkonsultasi, dan akan menyalurkan kepada BUMN-BUMN yang memiliki anggaran pinjaman permodalan dan bukan bantuan," jelasnya lagi.

"Mengenai bantuan permodalan ini, juga dapat kita salurkan ke perusahaan-perusahaan yang ada dana CSR nya," pungkasnya. (64n).



comments powered by Disqus