Ekonomi

Pemerintah Daerah Pekanbaru Terbitkan 100 Nomor PIRT

Gemariau.com | Selasa, 02 Oktober 2018 - 23:19:35 WIB | dibaca: 45 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pekanbaru, mencatat jumlah Nomor Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang diterbitkan  pada 2018 sebanyak 100, atau mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibandingkan tahun 2017 sebanyak 72.  

"Peningkatan ini dipicu oleh banyaknya pengusaha yang sudah mengetahui manfaat yang akan didapat dengan memiliki nomor PIRT untuk usaha mereka," kata Kasi Pelayanan Perizinan dan Non-Perizinan Bagian C-III DPM-PTSP Kota Pekanbaru, Afriliana, di Pekanbaru, Selasa (02/10/2018).

Menurut Afriliana, usaha yang sudah memiliki Nomor PIRT, katanya, menjadi lebih terjamin karena sudah memenuhi standar keamanan pangan, sehingga peluang memasarkan produk jadi lebih luas dan penjualan pun bisa meningkat karena masyarakat lebih percaya saat membelinya.

Ia mengatakan, masyarakat sekarang ini sudah lebih cerdas, apalagi untuk produk yang jenisnya makanan, mereka lebih memilih yang sudah terjamin aman. Nomor PIRT ini adalah salah satu cara agar masyarakat tak perlu was-was lagi jika membeli produk makanan di pasaran,"  ujar Afriliana.

"Penerbitan Nomor PIRT ini merupakan kerjasama antara DPM-PTSP dan Dinas Kesehatan, karena untuk mendapatkannya pengusaha harus mendaftarkan diri ke Dinas Kesehatan dan memenuhi persyaratan tertentu," katanya.

Persyaratan tersebut, katanya menyebutkan,  diantaranya mengikuti penyuluhan dan lulus survei lokasi usaha yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan.

Aspek yang akan disurvei meliputi kebersihan lingkungan produksi, bangunan dan fasilitas, kebersihan dan kelengkapan peralatan produksi, suplai air, sanitasi, serta kebersihan dan kesehatan karyawan.

"Pengusaha yang tidak memenuhi persyaratan dari Dinas Kesehatan tersebut tidak akan bisa diterbitkan  Nomor PIRT-nya," kata Afriliana.

Ia mengatakan,  untuk mengurus Nomor PIRT ini semua prosesnya tidak dipungut biaya apapun alias gratis  guna mempermudah pengusaha industri rumah tangga untuk mendapatkan Nomor PIRT.

Afriliana berharap, tahun depan jumlah Nomor PIRT yang diterbitkan diharapkan dapat meningkat lagi, sehingga sosialisasi dari Dinas Kesehatan dan peningkatan pelayanan dari DPM-PTSP perlu lebih digencarkan. (al)



comments powered by Disqus