Nasional

Pembangunan Jembatan Duplikat Siak 2 Ditargetkan Rampung Juni 2018

Gemariau.com | Kamis, 10 Mei 2018 - 03:27:40 WIB | dibaca: 57 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jembatan duplikat Siak 2 sepanjang 200 meter di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Jembatan yang berada di ruas jalan Duri-Pekanbaru ini terletak berdampingan dengan Jembatan Siak 2 lama.

Pembangunan jembatan dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional II (Sumatera Utara-Riau), Ditjen Bina Marga dengan tipe box girder (balance cantilever) sejak Oktober 2016 dan ditargetkan rampung pada Juni 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan konektivitas yang semakin lancar akan mengurangi biaya angkut kendaraan logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kehadiran infrastruktur jembatan, flyover dan underpas disamping memperlancar arus lalu lintas juga perlu dibuat indah dengan memasukan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota," jelas Menteri Basuki.

Dalam periode 2015-2017, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 356 buah jembatan diberbagai wilayah di Indonesia dengan total panjang 22.808 meter. Untuk tahun 2018, pembangunan jembatan sebanyak 174 buah dengan total panjang 13.639 meter.

Selain jembatan juga dibangun flyover dan underpass, yang tujuan utamanya untuk mengurai kemacetan di kawasan perkotaan. Dalam periode tahun 2015-2017 telah dibangun 40 underpas/flyover dengan total panjang 11.325 meter. Tahun 2018 akan dibangun 18 buah underpas/flyover dengan total panjang 2.691 meter.                  

Demikian halnya dengan dibangunnya Jembatan duplikat Siak 2 akan memperlancar lalu lintas dan mengurangi beban Jembatan Siak 2 lama yang kerap dilewati kendaraan bertonase besar. Kendaraan dua arah yang masuk dan keluar ke Kota Pekanbaru nantinya dapat menggunakan satu jembatan pada setiap arahnya.

Anggaran pembangunan jembatan sebesar Rp 94 miliar dan dikerjakan oleh PT. Hutama Karya (Persero) selaku kontraktor pelaksana menggunakan kontrak tahun jamak. Lebar jembatan adalah 10,6 meter yang dilengkapi oleh median dan trotoar.

Selain pembangunan jembatan juga akan dilakukan penataan kawasan sekitar jembatan.[rmol/gr]



comments powered by Disqus