Moment

Pawai Budaya di Pekanbaru, Diikuti Peserta Muskomwil APEKSI

Gemariau.com | Sabtu, 03 Februari 2018 - 02:20:41 WIB | dibaca: 173 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Peserta Musyawarah Komisariat Wilayah Sumatera, Asosiasi Pemerintah Kota se-lndonesia sekitar Sembilan dari 24 kota yang ada, di hari ketiga ini mengikuti pawai budaya di Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Sabtu (3/2/2018).

Sembilan kota yang mengikuti pawai budaya ini yaitu Kota Pekanbaru, Medan, Padang, Solok, Banda Aceh, Dumai, Pariaman, Payakumbuh, dan Tanjung Pinang.

Dalam pawai tersebut, para peserta APEKSI memamerkan pakaian adat masing-masing daerah, tak lupa dengan souvenir dan kerajinan tangannya.

Ketua Pelaksana Acara, Azwan, mengatakan bahwa khusus untuk Kota Pekanbaru, pawai budaya diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah(OPD), tokoh daerah, hingga Dharma Wanita.

Bahkan, Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru juga mengarahkan siswa dari beberapa sekolah untuk turut meramaikan pawai ini.

Hal ini dilakukan agar generasi muda juga mengenal dan mencintai budaya seluruh daerah di Indonesia khususnya wilayah Sumatera.

"Diperkirakan jumlah peserta yang ikut dalam pawai budaya ini mencapai 12 hingga 15 ribu orang," ungkapnya.

Sebelum pawai dimulai, para tamu disuguhkan penampilan tari persembahan, tari kolosal yang merupakan kolaborasi dari empat sanggar di Pekanbaru, dan marching band dari siswa SMA Cendana Pekanbaru.

Acara dibuka langsung oleh Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT sebagai tuan rumah dan Ketua Komwil I Apeksi periode 2018-2021. Dalam sambutannya, Firdaus MT menyebutkan bahwa budaya merupakan kepribadian suatu daerah dan bangsa Indonesia yang wajib untuk dilestarikan.

"Dengan budaya kita harapkan persatuan dan kesatuan yang lebih baik lagi untuk bangsa kita," tuturnya.

Dengan pawai budaya sebagai rangkaian Muskomwil I APEKSI ini, Firdaus MT berharap agar kegiatan ini dapat memberikan suguhan dan hiburan kepada masyarakat dan generasi muda lainnya.

"Sehingga akan ada rasa bangga dengan budaya sendiri serta dapat melestarikan budaya sebagai kepribadian bangsa," ungkapnya.

Seperti diketahui, Muskomwil I APEKSI sudah dimulai sejak Kamis, 1 Februari 2018 kemarin. Berbagai rangkaian acara telah dilangsungkan. (grc)



comments powered by Disqus