Lifestyle

Obat untuk Cegah HIV/AIDS, Telah Ditemukan

Gemariau.com | Sabtu, 01 Desember 2018 - 16:45:53 WIB | dibaca: 68 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Tepat Sabtu hari ini, 1 Desember 2018, diperingati sebagai Hari AIDS sedunia. Penyakit AIDS yang diakibatkan virus HIV adalah gangguan kesehatan yang menjadi momok bagi siapa pun.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan untuk para pengidap HIV/AIDS. Saat peringatan AIDS, Inggris menghadapi tekanan untuk mulai menawarkan obat pencegahan pra-paparan HIV atau medicine Pre-Exposure Prophylaxis (PrPP).

Layanan Kesehatan Nasional atau National Health Service (NHS) Inggris membuat sebuah pil dengan nama Truvuda, demikian seperti dikutip dari Independent.

Para pengidap HIV/AIDS saat ini hanya dapat menerima PrPP tanpa biaya sebagai bagian dari proyek uji coba yang sejak September 2017 dan bertujuan untuk menguji keefektifannya pada 13 ribu orang.

Namun, selama satu tahun masa uji coba di Australia baru berdampak sebesar 25 persen. Nantinya obat ini akan diberikan kepada orang yang belum teridentifikasi HIV sebelum terpapar risiko tertular infeksi.

Truvuda menggabungkan dua obat antivirus, tenofovir dan emtricitabine, yang telah lama digunakan untuk pengobatan HIV. PrPP ini harus diberikan secara teratur (satu pil per hari).

Obat ini juga dapat digunakan bagi orang-orang yang telah berhubungan seks tanpa kondom dengan seseorang yang berisiko tinggi mengidap HIV.

Nantinya mereka harus mengonsumsi dua tablet 24 jam sebelum berhubungan seks. Satu tablet 25 jam setelah berhubungan seks dan 48 jam setelah berhubungan seks.

Dalam uji klinis, kedua pendekatan tersebut terbukti efektif selama penerima teratur mengonsumsi obat tersebut. Obat ini dianggap aman dan efek samping jarang terjadi.

Namun tidak sedikit yang mengalami mual, sakit kepala dan kelelahan, menurut Terrence Higgins Trust. Pengguna juga diingatkan bahwa itu bukan vaksin dan tidak akan melindungi mereka yang terlibat dalam hubungan seks tanpa kondom dari tertular infeksi menular seksual, yang mana kondom akan membantu mencegahnya. (viva/64n)



comments powered by Disqus