Nasional

MPR: "Pemerintah Jangan Didikte Swasta"

Gemariau.com | Kamis, 31 Mei 2018 - 16:55:38 WIB | dibaca: 90 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar mengatakan untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia, persebaran lapangan pekerjaan di setiap wilayah harus merata.

Karena itu, Muhaimin alias Cak Imin mendorong pemerintah supaya mengintervensi swasta, sehingga kantong lapangan kerja juga menyentuh wilayah-wilayah yang selama ini belum tersentuh oleh industri.

"Negara harus mengatur swasta untuk membuka kawasan industri baru. Jangan sampai pemerintah malah didikte oleh swasta," ujar Cak Imin saat meninjau Pasar Plered, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (31/5/2018).

Cara lain untuk menekan jumlah pengangguran di Indonesia, kata Cak Imin, yakni dengan memaksimalkan penggunaan dana desa, yang masuk ke rekening desa sebesar Rp 800 hingga Rp 1 miliar per tahunnya.

Program padat karya yang didanai oleh dana desa, serta pemanfaatan dana desa untuk ekonomi kreatif, dia sebut sebagai solusi untuk mengurangi pengangguran yang ada di desa.

"Mengatasi pengangguran di desa dengan memperbesar dana desa. Agarbsemua yang nganggur itu bisa kerja dan mendapatkan penghasilan," kata Cak Imin.[rmol/gr]



comments powered by Disqus