Nasional

Moeldoko Serukan Jihad Pemberdayaan Ekonomi Umat

Gemariau.com | Sabtu, 09 Juni 2018 - 02:21:59 WIB | dibaca: 71 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM -  Seruan jihad disampaikan oleh pemerintah melalui Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal (purn) TNI Moeldoko. Namun, bukan jihad berperang yang dia serukan, melainkan jihad untuk menghidupkan serta menggerakkan ekonomi umat.

Seruan itu disampaikan dalam acara peluncuran ‘Tebar Kado Ramadhan dan Mudikmu Aman’ yang diselenggarakan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) di kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng Raya Jakarta, Jumat (8/5/2018) lalu.

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan bahwa saat ini pemerintah tengah berupaya keras dalam menggerakkan ekonomi umat. Atas alasan itu, dia menyampaikan rasa terima kasih kepada Lazismu yang telah ikut berkontribusi dalam menghidupkan ekonomi umat.

“Memberdayakan orang yang tidak berdaya, membantu orang-orang yang dalam kesulitan, dan mengangkat pendidikan anak-anak kita yang kurang mampu adalah implementasi dari makna jihad,” ujar Moeldoko dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (9/6).

Moeldoko yakin Lazismu bisa menyampaikan bantuan kepada pihak yang benar-benar membutuhkan dan juga bisa mengelolanya dengan baik. Oleh karena Itu, ia bersedia bergabung dan menjadi bagian dari Lazismu.

Sementara itu, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhammad Cholil Nafis mengaku sepakat dengan makna jihad yang disampaikan Moeldoko.

Menurutnya, jihad yang baik adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Dia menjelaskan bahwa jihad dibagi menjadi dua, yakni untuk diri sendiri dan untuk orang lain.

“Jadi baik membantu secara ekonomi atau dakwah, bahkan mencari nafkah, itu juga merupakan jihad,” tukasnya.

Terpisah, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut bahwa Lazismu memang bertekad kuat dalam memberdayakan ekonomi umat.

Sebab, selain 8 golongan orang yang berhak menerima zakat, Lazismu juga menyalurkan untuk bantuan modal bagi orang kecil yang ingin usaha. Lazismu, sambungnya, memiliki tekad untuk membuat penerima bantuan naik tingkat.

"Jadi pergerakan ekonomi masyarakat terus maju. Jika ekonomi bagus tentu baik untuk negara," pungkasnya. [rmol/gr]



comments powered by Disqus