Ekonomi

MENTERI KOPERASI DAN UKM AKAN MELAUNCHING KAMPUNG UKM DIGITAL PLUT KUMKM RIAU.

Gemariau.com | Selasa, 24 Oktober 2017 - 14:28:42 WIB | dibaca: 338 pembaca

Kepala UPT PLUT KUMKM PROV. RIAU ASYARI, SH

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Sebagai klinik bisnis dan pusat layanan, UPT Pusat Latihan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) RIAU DINAS PERDAGANGAN KOPERASI PROVINSI RIAU yang beralamat di jalan Garuda, Panam Pekanbaru ini, melayani UMKM untuk berkonsultasi dan melakukan pendampingan terhadap umkm yang ada, antara lain berkonsultasi Bidang pemasaran, Bidang produksi, Bidang pengembangan Ilmu Tehnologi (IT), Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Bidang Pembiayaan, Bidang kelembagaan dan Bidang Pengembangan Kerjasama. Hal ini disampaikan ASYARI, SH selaku Kepala UPT PLUT KUMKM RIAU DINAS PERDAGANGAN KOPERASI PROVINSI RIAU di ruangannya, usai pelaksanaan "Pelatihan Pengolahan Limbah Nenas Menjadi Serat" yang dilaksanakan pada 23 Oktober 2017.

"Setiap hari Kita BUKA PRAKTEK GRATIS... Silahkan datang ke PLUT KUMKN,". ucap ASYARI. saat memberikan penjelesan kepada gemariau pada Senen (23/10/2017) Sore.

ASYARI, SH yang akrab di panggil Pak Ari ini, menjelaskan bahwa Kegiatan yang pernah dilakukan antara lain BIMTEK PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI KOMONIKASI untuk Meningkatkan Promosi dan Pemasaran dan Pemasaran Secara Online, Pelatihan Kerajinan Rotan, Pelatihan Pengolahan Ikan Patin.

"Adapun Kegiatan Rutin Harian Memberikan Pelayanan Kepada UMKM untuk berkonsultasi dan melakukan Pendampingan Secara Gratis, dan Silahkan UMKM datang ke UPT PLUT KUMKM DINAS PERDAGANGAN KOPERASI DAN UKM PROPINSI RIAU JALAN GARUDA PANAM ini," jelasnya.

 

 

Selanjutnya Kepala UPT PLUT KUMKM ini mengatakan, dalam waktu dekat Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan melaunching kampung digital PLUT KUMKM DINAS PERDAGANGAN KOPERASI PROVINSI RIAU dalam PROGRAM KAMPUNG UKM DIGITAL yang merupakan Kerjasama Program Kementerian Koperasi dan UKM dengan TELKOM RI.

"Waktunya diperkirakan sekitar bulan November 2017, pastinya kita menyesuaikan dengan jadwal Menteri Koerasi dan UKM," ucap ASYARI.

Kerjasama dengan Telkom dimaksud, berguna untuk meningkatkan Penetrasi Digital para Pelaku UMKM melalui Optimalisasi peran PLUT KUMKM. Dan UKM kampung digital di PLUT KUMKM RIAU ini, digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM untuk menjadi UMKM yang berkwalitas. UKM kampung digital plut ini, juga akan kita jadikan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, layanan dan pusat pengembangan digitalisasi UMKM.

Sekarang era digitalisasi UMKM harus memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi. kampung UMKM digital plut kumkm juga kita gunakan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabelitas untuk menjadi umkm yg mempunyai daya saing yang diikuti peningkatan kwalitas dan mutu produknya, kwalitas sdmnya, pemodalannya, serta mempunyai strategi yang jitu guna memenangkan persaingan, sehingga mampu bersaing baik pasar domestik maupun global.

 


 

Selain itu ukm juga harus meningkatkan mutu, desain, dan packagingnya sehingga mempunyai kemampuan berdaya saing yang tinggi. Jika produk ukm meningkat penjualannya maka kesejahteraan masyarakat akan membaik karena banyak tenaga kerja yang akan terserap.

Kampung ukm digital plut kumkm juga kita jadikan pusat DATA DAN INFORMASI ,EDUKASI,LAYANAN DAN PENGEMBANGAN DIGITALISASI UkM. UkM AKAN KITA BERI PELATIHAN DIGITAL ECONOMI ECOSYSTEM; Menjelaskan pentingnya memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi. sehingga ukm mampu membuka  toko online dengan nama yg diingini dan mampu meng uplood photo2 produknya ditoko onlinenya dg memberikan data dan harga produk, penjelasan spesifikasi atau keunggulan produknya.kemudian kita juga berikan pelatihan E COMMERCE sehingga pelaku ukm terdidik dan terlatih serta mandiri khususnya dibidang IT yakni memastikan umkm mampu menjalankan program aplikasi secara offline dan online. (64n)



comments powered by Disqus