Dunia

Lokasi pertemuan Kim Jong-un dengan Donald Trump di Indonesia Dalam Pertimbangan

Gemariau.com | Kamis, 03 Mei 2018 - 03:04:59 WIB | dibaca: 161 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Lokasi pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, hingga kini belum dipastikan. Beberapa tempat telah dijadikan opsi untuk pertemuan bersejarah tersebut, namun belum berujung pada satu kesepakatan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Indonesia siap memfasilitasi pertemuan antara Kim Jong-un dan Donald Trump. Hal ini lalu dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Intinya kita siap. Jadi harus dipahami, Presiden siap jika diinginkan," kata Retno usai menerima kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Lim Sung Nam di Gedung Pancasila, Jakarta, Rabu sore, (2/5/2018).

Pada rencana tersebut, Retno telah menanyakan waktu dan lokasi pertemuan itu akan dilakukan. Meski dalam pemberitaan di media massa menyebut bahwa pertemuan tersebut akan digelar tiga pekan lagi, secara resmi keputusan belum akan diumumkan yang bersangkutan.

"Mengenai venue, Beliau belum bisa sampaikan. Tapi Indonesia menyampaikan kesiapan," kata menlu.

Sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan bersedia bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, berbagai spekulasi bermunculan termasuk mengenai lokasi pertemuan pertama kedua pemimpin negara itu.

Beberapa tempat yang disebut antara lain Panmunjom di perbatasan Korut-Korsel, Pulau Jeju di Korsel, Eropa seperti Swiss atau Swedia, Asia seperti Beijing atau Singapura, Pyongyang, dan Washington DC. (viva/gr)



comments powered by Disqus