Dunia

Liga Arab Galang Dukungan Yerusalem Timur Ibukota Palestina

Gemariau.com | Minggu, 07 Januari 2018 - 12:08:17 WIB | dibaca: 124 pembaca

Berita Terkait :

Gemariau.com - Menteri Luar Negeri Arab menekankan bahwa perdamaian di Timur Tengah tidak mungkin tanpa menangani masalah Palestina berdasarkan resolusi dua negara. Resolusi yang menyepakati Yerusalem Timur sebagai ibukota Negara Palestina.

"Liga Arab akan mencari pengakuan Internasional atas Negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya setelah Washington mengakui kota suci tersebut sebagai Ibukota Israel," kata Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi saat konferensi pers bersama dengan pemimpin Liga Arab Ahmed Abul Gheit pada Sabtu (6/1).

Konferensi pers tersebut juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Mesir, Arab Saudi, Maroko dan Otoritas Palestina serta Menteri Luar Negeri UAE untuk urusan luar negeri.

Safadi mengatakan, ada keputusan politik saat mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel. Maka pihaknya akan berusaha mencapai keputusan politik Internasional untuk mengakui Negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya. Negara-negara Arab akan bekerja sama secara kolektif dengan masyarakat Internasional untuk mendapatkan pengakuan Internasional atas Yerusalem Timur sebagai Ibukota Negara Palestina.

Liga Arab juga ingin memastikan tidak ada negara lain yang mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel. "Kami ulangi, tidak ada perdamaian atau keamanan yang dapat dicapai di Timur Tengah tanpa pembentukan Negara Palestina yang layak dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, dan sesuai dengan semua referensi Internasional yang relevan," kata Safadi, dilansir dari Arab News, Ahad (7/1).

Ia menegaskan, perdamaian adalah satu-satunya jalan untuk menyelesaikan masalah Palestina. Perdamaian menjadi satu-satunya pilihan strategis untuk memenuhi tuntutan rakyat Palestina.



comments powered by Disqus