Dunia

Ledakan kuat Terjadi Di Kabul, Tembakan, Setidaknya Tiga Tewas

Gemariau.com | Selasa, 03 Agustus 2021 - 01:40:38 WIB | dibaca: 205 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, KABUL, - Ledakan kuat yang diikuti oleh tembakan sporadis menghantam ibu kota Afghanistan, Kabul, pada Selasa, 3 Agustus 2021 di dekat "Zona Hijau" kota yang dijaga ketat, sebuah kawasan yang menampung gedung-gedung pemerintah dan kedutaan asing, kata pejabat polisi.

Setidaknya tiga orang tewas dan tujuh terluka, kata Ghulam Dastagir Nazari, juru bicara kementerian kesehatan, menambahkan bahwa bentrokan terus berlanjut.

Seorang pejabat senior keamanan mengatakan ledakan itu tampaknya disebabkan oleh sebuah bom mobil dan sasaran yang jelas adalah kediaman seorang anggota parlemen.

Dua pria bersenjata masih berada di daerah itu dan bentrok dengan pasukan keamanan Afghanistan, kata pejabat itu. Beberapa rumah milik pejabat Afghanistan, anggota parlemen dan penduduk terkemuka dikepung dalam bentrokan yang terus berlanjut, kata penduduk.

Rumah Sakit Darurat kota mengatakan dalam sebuah tweet bahwa sejauh ini telah menerima enam orang terluka dalam serangan itu.

Tidak ada kelompok yang segera mengaku bertanggung jawab.

Beberapa menit setelah ledakan, ratusan warga sipil di Kabul turun ke jalan dan meneriakkan Allahu Akbar (Tuhan Maha Besar) untuk menyatakan dukungan mereka kepada pasukan pemerintah Afghanistan dan penentangan terhadap Taliban.

Pawai semalam tumpah ke seluruh kota dengan sebagian besar pria dan beberapa wanita bergabung dalam demonstrasi, membawa lilin dan bendera Afghanistan untuk menandakan oposisi bersatu terhadap kelompok Islam garis keras.

"Seluruh dunia dapat memilih untuk diam tentang apa yang terjadi di Afghanistan tetapi kami tidak bisa dan tidak akan tinggal diam lagi ... kami akan berdiri berdampingan dengan pasukan keamanan kami sampai nafas terakhir kami," kata seorang demonstran. di Kabul dengan syarat anonim.

Pekan lalu penduduk di Herat barat menerjang jalan-jalan meskipun ada pertempuran di dekatnya untuk memprotes Taliban. Kota-kota lain dengan cepat mengorganisir untuk bergabung dengan nyanyian dari rumah mereka di malam hari, sebagai pesan dukungan untuk pasukan keamanan yang diperangi.

Bentrokan antara pasukan Afghanistan dan Taliban telah meningkat di seluruh negeri dengan kelompok pemberontak mendapatkan kendali atas pos pemeriksaan, pos perdagangan dan proyek infrastruktur.

Pasukan Afghanistan mengimbau penduduk kota selatan Lashkargah untuk meninggalkan rumah mereka dan menjauh dari daerah di mana Taliban mengambil kendali, karena mereka berniat untuk melancarkan operasi terhadap kelompok tersebut.

Taliban mengatakan pejuang mereka di Kabul membunuh seorang gubernur distrik di provinsi Maidan Wardak tengah pada hari Selasa, yang terbaru dalam serangkaian pembunuhan oleh kelompok pemberontak yang bertujuan untuk melenyapkan pejabat senior pemerintah dan aktivis sosial.(*).

sumber : reuters



comments powered by Disqus