Moment

Beberapa Lapas dan Rutan SeRiau, Ikuti Kegiatan di Lapas Kelas IIA Pekanbaru

Lapas IIA Pekanbaru Riau Adakan Kegiatan Gerakan Pramuka

Gemariau.com | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 13:18:50 WIB | dibaca: 136 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM , Pekanbaru – Narapidana atau yang sering disebut napi adalah mereka yang sedang menajalani hukuman di dalam lapas karena melanggar hukum. Namun Jangan bilang napi di lapas/rutan hanya makan tidur dalam menjalani masa hukumannya, sebab hal itu tidak terbukti apabila kita melihat rangkaian kegiatan mereka selama tinggal di lapas.

Salah satu bentuk kegiatan pembinaan yang diselenggarakan di lapas/rutan di Riau saat ini adalah pelaksanaan Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka ini bertujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter, berwatak luhur, sehat jasamani dan rohani, serta membentuk jiwa disiplin sehingga terbentuk kepribadian yang setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 Selain itu, adanya kegiatan Kepramukaan ini merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh selama di lapas serta dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar napi.


Untuk meningkatkan pengetahuan napi tentang kepramukaan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melaksanakan pelatihan pramuka bagi napi yang berlangsung mulai pada tanggal 18 – 19 Oktober 2017 lalu,yang bertempat  di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru.


Peserta Pelatihan Pramuka Narapidana ini berasal dari berbagai UPT Pemasyarakatan se-Riau yakni Lapas Pekanbaru, Lapas Tembilahan, Lapas Pasir Pengaraian, Lapas Bangkinang, LPKA Pekanbaru, Rutan Pekanbaru, dan Rutan Dumai.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau, Lilik Sujandi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pramuka Narapidana dapat menjadi ujung tombak dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di lapas/rutan, karena dalam pramuka diajarkan cara berkehidupan yang baik, sopan santun, dan peduli kepada sesama serta memupuk jiwa kebersamaan dan gotong-royong.
Untuk itu beliau berharap, dengan adanya pelatihan ini nantinya para WBP dapat menjadi insan yang ksatria, tangguh, dan dapat berperan aktif dalam pembangunan serta dapat diterima di dalam masyarakat.

“Pramuka adalah karakter bangsa, oleh sebab itu marilah kita mengikuti kegiatan ini dengan serius, agar kita bisa menjadi manusia yang bertanggungjawab dan berkarakter” sambut Kadivpas.


Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini dimulai dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 18.00 WIB dengan pemberian materi diantaranya Materi Dinamika Kelompok, Prinsip-Prinsip Pengajaran Sebagai Pendidik Sebaya, Latihan Baris Berbaris, dan Pelatihan Disiplin Diri.

Selain itu ada bentuk permainan kelompok seperti Permainan Bela Negara (Mission Pancasila 1 dan 2, Perang Naga Perkasa, dsb), Pramuka Ceria / Ice Breaking (Pacu Sampan, Benang Kusut, dsb), dan Final Project Game (Pindah Bom, Mandi Susu, dsb).
Tampak para peserta kegiatan sangat menikmati kegiatan ini, karena selain untuk menambah pengetahuan dan pendisplinan, ajang ini dimanfaatkan sebagai ajang untuk saling mengakrabkan narapidana sewilayah Riau.

“Kegiatan ini sangat positif sekali bagi kami, karena kami selain bisa jalan-jalan, kami juga tidak bosan berada didalam kurungan terus,” kata Eko, salah satu napi yang berasal dari Lapas Tembilahan.

Kepala lapas pekanbaru Yulius Zahruzha bc ip sh mh, melalui kasibinadik Yusup Gunawan Bc Ip SH MH, juga mengatakan kepada semua peserta agar bisa membimbing rekan rekan di UPT masing masing serta melaksanakan apa yang sudah di dapat dalam pelatihan ini, dengan baik tertib dan aman. Akhir dari kegiatan ini, berlangsung dengan sukses, aman, dan tertib.  "
Jayalah Pemasyarakatan…
Jayalah KEMENKUMHAM !!!,".
(HUMAS/grc/joe).



comments powered by Disqus