Nasional

KORBAN ISPA AKIBAT ASAP DI RIAU SUDAH BERJATUHAN

Ketua LBH : PERUSAHAAN PEMBAKAR LAHAN GAMBUT, SUDAH SAMA DENGAN TERORIS

Gemariau.com | Selasa, 24 September 2019 - 16:57:31 WIB | dibaca: 378 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Melihat Kondisi asap yang semakin menggila, dan sudah banyak korban ISPA baik dari Balita hingga orang Dewasa, membuat banyak para aktivis Riau angkat bicara, dari mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat dan juga lembaga-lembaga lainnya.

Hal ini juga menarik perhatian Ketua Lembaga Bantuan Hukum Amanat Bangsa IR. YUSRIZAL TANJUNG, SH, yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Bidang Hukum dan Ham. 

Pak Tanjung nama panggilan akrab dari Ir. Yusrizal Tanjung, SH ini sangat kecewa dengan Kondisi yang ada, Ia sudah mengganggap para perusahaan-perusahaan pembakar Lahan gambut di Riau, yang selalu terjadi berulang-ulang ini,  merupakan para pembunuh massal.

"Para oknum Perusahaan Pembakar Lahan Gambut ini sudah sama dengan Teroris, dan ini harus ditindak tegas, jika tidak ketegasan berarti ada apa dengan Pemerintah Daerah kita," ucapnya kepada media gemariau.com, pada Senen (23/9/2019)

Gubernur Riau beserta Satker Terkait, Kapolda, Danrem, Kajati, adalah orang-orang atau pemimpin yang bertanggung jawab atas penanggulangan kejadian ini.

"Jika mereka tak mampu dalam memanage, tentu sudah layak untuk diganti," katanya.

"Saya juga berharap Presiden Jokowidodo, harus mengeluarkan PERPU untuk menindak kepala Daerah yang tidak mampu mengatasi Perusahaan-perusahan Pembakar Lahan dan mengatasi kabut asap sudah terjadi berulang-ulang lebih kurang hampir 20 tahun ini," jelas Pak Tanjung.

"Jika Perlu dengan PERPU semua Pemimpin dan Kepala daerah diganti, selanjutnya Presiden Menunjuk Langsung Pemimpin yang baru untuk mengatasi permasalahan ini," pungkasnya. (gr/64n).




comments powered by Disqus