Kab. Pelalawan

Ketua Bawaslu Pelalawan: Tindak Tegas Pelangar Pimilukada, Tidak Ada Pandang Bulu

Gemariau.com | Senin, 07 Desember 2020 - 20:14:20 WIB | dibaca: 109 pembaca

Berita Terkait :


Gemariau.com - Pelalawan,Pasca Hari Tenang dari tanggal 6 ,7 sampai 8 Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) Pelalawan, mengingatkan kepada Pasangan calon(Paslon)  Bupati dan Wakil Bupati Pemilihan Umum Kepala Daerah( Pimilukada).  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pelalawan, tiga hari  masa tenang untuk  tidak melakukan aktivitas kampanye  

"Pihaknya Bawaslu siap melakukan pengawasan 3 hari dimasa hari tenang maupun pelaksanaan Pilkada Pelalawan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dimana dalam hal ini melakukan tindakan tegas bagi pelanggar," ujar Ketua Bawaslu Pelalawan Mubrur,kepada media ini, Senin (7/12/2020)

Menurutnya Bawaslu Kabupaten Pelalawan telah mempersiapkan 850 Pengawas TPS untuk mengawasi dan mengawal jelang pelaksanaan Pilkada serentak Pelalawan 9 Desember 2020.

"Jadi, setiap TPS akan ada 1 pengawas dari jumlah total TPS sebanyak 850 TPS. Dan kita berharap kehadiran pengawas TPS yang telah diberi bekal berupa Bimtek, maka para pengawas ini dapat mengetahui tugas pokok mereka, sehingga di Hari H saat pencoblosan tidak terjadi kecurangan," ujarnya.

Ditambahkan Mubrur bahwa saat ini, pihaknya juga tengah mengawasi KPU Pelalawan yang akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) milik ke empat pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil. Hal ini sesuai dengan Pasal 31 PKPU 11/2020 KPU Provinsi/KIP Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Bawaslu Provinsi dan/atau Bawaslu Kabupaten/Kota menertibkan dan membersihkan Alat Peraga Kampanye paling lambat 3 (tiga) hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.

"Kami juga meminta dengan tegas kepada ke empat paslon agar tidak lagi melakukan kampanye dalam bentuk apapun pada masa tenang. Serta tidak melakukan intimidasi dan politik uang (money politic) kepada masyarakat. Artinya, setelah melakukan kampanye sejak tanggal 26 September hingga 5 Desemeber, kini saatnya ke empat paslon berdoa agar mereka mendapatkan amanah atau kepercayaan dari masyarakat untuk memimpin daerah ini. Kalah atau menang itu adalah takdir yang sudah digariskan yang maha kuasa," tegas Ketua Bawaslu Pelalawan Mubrur

Untuk itu, lanjut Mubrur, pihaknya kembali meminta dengan tegas agar seluruh paslon agar tidak melakukan upaya cara-cara tidak benar dalam mengambil simpatisi masyarakat. Khususnya melakukan politik uang. Pasalnya, Bawaslu telah membentuk 10 tim pengawasan pencegahan money politik yang akan intens melakukan patroli. Dengan dimikian, maka diharapkan Pilkada Pelalawan ini nantinya dapat berjalan dengan aman dan kondusif tanpa muncul kembalinya pelanggaran yang dilakukan oleh para paslon.

"Besok juga kita akan melakukan patroli Pengawas bersama dengan Kapolres ,  penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) masih ada terdapat sejumlah tempat .
Himbauan kita , meminta kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan agar tidak menerima apapun dari pasangan calon (paslon ) Bupati   dan wakil bupati bentuk apa pun . Apa lagi tiga hari ini masa tenang untuk melakukan aktivitas kampanye sudah di ingatkan kepada Tim sukses ( Timses ) Masing-masing  calon," Pungkasnya(Sur)



comments powered by Disqus