Advertorial

KEBANGPOL Kota Pekanbaru Ikuti SEMINAR Penanganan Ancaman Non Militer

Gemariau.com | Jumat, 27 Oktober 2017 - 14:51:30 WIB | dibaca: 72 pembaca

Sekban Kesbangpol Lili Suryani

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kota Pekanbaru merupakan badan yang memiliki misi dalam meningkatkan hubungan yang sinergis antara Pemerintah, pelaku Politik dan Organisasi Kemasyarakatan, di bidang kesatuan bangsa dalam bina idiologi, wawasan kebangsaan, kewaspadaan nasional, politik dalam negeri, ketahanan seni budaya, agama, ketahanan ekonomi, politik, ketentraman, ketertiban dan keamanan.

Dan Visi yang bermaksud mewujudkan hubungan sinergis dan dinamis yang lebih berkarakter antara pemerintah, pelaku politik, ormas bagi ketahanan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menyongsong peradaban baru, selalu memantau dan memberikan pelatihan dan seminar kepada para kelompok atau organisasi masyarakat dalam mewujudkan Visi dan Misi bangsa tersebut.

Kaban Kesbangpol Kota Pekanbaru melalui Sekretaris Badan (Sekban) Hj. Lili Suryani mengatakan, selain mengadakan seminar dan kegiatan pelatihan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ini juga selalu mengikuti kegiatan dan seminar-seminar yang diadakan oleh Instansi terkait lainnya, guna menambah wawasan dalam menerapkan visi dan misi ditengah - tengah masyarakat untuk mengimplementasikannya kepada sasaran seperti organisasi masyarakat dan partai politik. Seperti seminar Pemberdayaan Wilayah Pertahanan, pada Rabu (25/10/2017) dengan tema "Meningkatkan Semangat Bela Negara dalam Rangka Mewujudkan Pertahanan Negara yang Tangguh", yang di laksanakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Wilayah Riau yang dipimpi oleh Kolonel Pas Eka Bagus

"Selain Kegiatan yang kita buat, Kesbangpol juga mengikuti beberapa seminar salah satunya minggu ini seperti kegiatan yang diadakan Kementerian Pertahanan Riau kemarin," ucap Lili.

 Seminar tersebut, dihadiri Gubernur Riau dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi, Pembicara dari TNI, Kasrem 031/Wira Bima Kolonel Czi I Nyoman Parwata SE, MSi, MTr (Han), Pembicara dari Pemda Kepala Bakesbangpol Riau Drs H Chairul Riski MS MP, Pembicara dari akademisi yaitu DekanFisip Universitas Abdurrab, Al Fajri, MIA serta para perserta lainnya dan tamu undangan.

Seminar yang diikuti KESBANGPOL Kota Pekanbaru,pada rabu tersebut, berharap agar warga Negara Indonesia dapat sama-sama meningkatkan wawasan serta pengetahuan, Tentang pemberdayaan wilayah pertahanan terutama di Provinsi Riau. Dan dapat menghasilkan output berupa kesepahaman dan kesamaan pola pikir. Termasuk juga pola tindak dengan Kementerian Pertahanan RI. Seperti yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan serta kebijakan pemerintah dalam bidang pertahanan. Kepala Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Wilayah Riau Kolonel Pas Eka Bagus saat membuka seminar Pemberdayaan Wilayah Pertahanan, mengatakan bahwa seminar ini merupakan program kerja dari Kemenhan RI 2017 yang dilaksanakan Perwakilan Pelaksana Tugas Pokok (PPTP) Kemhan di 34 provinsi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Sekban Hj. Lili Suryani mengatakan kehadiran Kesbangpol Kota pekanbaru dalam mengikuti semiar yang ditaja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Wilayah Riau ini juga untuk menambah wawasan dalam pembinaan terhadap ormas-ormas dan organisasi masyarakat lainnya serta partai politik yang ada dikota pekanbaru untuk bersama-sama dapat siaga jika ada ancaman non militer baik dari dalam maupun dari luar.

Selain itu negara sangat memerlukan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi juga memiliki kesadaran bela negara. Yaitu memiliki kualitas sikap mental dan perilaku cinta tanah air dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sekban Kesbangpol Kota Pekanbaru, Lili Suryani, memberikan kesimpulan dari apa yang didapat dari hasil semiar yng diikuti tersebut, dan mengatakan bahwa bela negara itu harus dimulai dari diri sendiri. Yakni dari hal terkecil dan dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan pendidikan dan lingkungan kerja. Sehingga menjadi kesadaran bersama bagi bangsa Indonesia. (Adv-Kesbangpol/Diskominfo).



comments powered by Disqus