Moment

Jamaah Naqsabandiyah Sumatera Barat, Awali Takbiran Sambut Idul Fitri

Gemariau.com | Rabu, 13 Juni 2018 - 01:21:19 WIB | dibaca: 58 pembaca

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan takbiran menyambut Idul Fitri di Masjid Baitul Makmur, Kota Padang, Sumatra Barat, pada Selasa, 12 Juni 2018.

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Ratusan anggota jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat melaksanakan takbiran sebagai tanda menutup Ramadan dan menyambut Idul Fitri. Mereka mengumandangkan takbir setelah salat isya pada Selasa malam, 12 Juni 2018.

Kegiatan takbiran dipusatkan di Masjid Baitul Makmur, Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Mereka pun menyambut Idul Fitri ini dengan suka cita.

Masjid Baitul Makmur ialah salah satu pusat rumah ibadah bagi jemaah Tarekat Naqsabandiyah. Jamaah yang datang tidak dari Kota Padang namun juga dari beberapa daerah di Sumatra Barat.

Buya Syafri Malin Mudo, imam besar jemaah Tarekat Naqsabandiyah, khusuk memimpin takbiran. Jemaahnya pun tak kalah khusuk melantunkan kalimat takbir dan tahmid. "Malam ini kita takbiran, besok kita juga melaksanakan shalat Idul Fitri," katanya.

Metode penetapan Idul Fitri bagi Naqsabandiyah, Buya Syafri, dari tahun ke tahun tetap sama. Namun yang membedakan adalah hari dan tanggalnya. Penetapan 1 Syawal ditetapkan berdasarkan perhitungan dengan menghitung malam. Penghitungan hari dengan kalender hisab munjid.(viva/gr)



comments powered by Disqus