Politik

Intoleransi Bukan Alasan Tepat Tolak Perda Syariah

Gemariau.com | Sabtu, 17 November 2018 - 17:22:08 WIB | dibaca: 42 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM -  Alasan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menolak peraturan daerah (perda) syariah dan injil dinilai keliru.

Grace dan PSI menyatakan sikap menolak kehadiran perda syariah dan injil karena alasan intoleransi. Pakar hukum tata negara, Margarito Kamis menilai alasan intoleransi tidak kuat untuk menolak keberadaan perda syariah dan injil.

Sebab, kedua aturan itu sama sekali tidak memaksa warga negara untuk berpindah agama. Untuk itu, Margarito meminta mantan presenter televisi tersebut untuk merinci maksud intoleransi dan penolakannya tersebut.

“Sebab, di Aceh yang menerapkan syariah Islam saja, tidak ada satupun masyarakat non muslim yang dipaksa memeluk agama Islam,” tutur Margarito kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (17/11).

"Atau orang-orang di daerah tertentu dipaksa semua menjadi Kristen. Kan tidak. Jadi apa yang intoleransi?” sambungnya.

Grace harus paham bahwa ada batasan moral dalam setiap toleransi. Batasan itu, yang kemudian diadopsi dalam hukum positif di negeri ini.

“Kita sudah punya begitu banyak hukum positif termasuk misalnya UU Perkawinan, kompilasi hukum Islam, lalu apa yang terjadi dengan saudara kita dari umat kristiani? Normal. Relasi kita sebagai anak bangsa, warga negara, normal juga,” pungkasnya. [rmol/g4n]



comments powered by Disqus