Peristiwa

Disperindag Pekanbaru Diminta Turun Lapangan

Ikan Sarden Mengandung Cacing Pita

Gemariau.com | Senin, 19 Maret 2018 - 14:33:14 WIB | dibaca: 39 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Beberapa hari belakangan ini, masyarakat Kabupaten Meranti dan Kabupaten Bengkalis dihebohkan dengan temuan cacing pita di dalam kemasan ikan sarden. Meski untuk di Kota Pekanbaru belum ada temuan serupa, namun pemerintah diminta melakukan langkah antisipasi.

"Jika temuan tersebut terbukti maka kita minta harus segera ditindaklanjuti, termasuk untuk Kota Pekanbaru seperti halnya Disperindag yang punya kewajiban untuk menarik barang di lapangan segera bergerak. Bahkan, kalau perlu bekerjsama dengan BPOM dan tim yustisi sebagai penegak hukum sehingga tidak ada lagi toko yang menjual barang itu," ungkap Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Masni Ernawati, Senin (19/3/2018).

Menurut Politisi Golkar ini, temuan cacing pita di kemasan ikan sarden tersebut bukan temuan biasa dan harus diambil tindakan tegas, pasalnya, menyangkut kesehatan masyarakat banyak.

Hal serupa disampaikan oleh Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Naszir. Dimana ia meminta pihak-pihak terkait berperan aktif melakukan pengecekan di lapangan. Menurur Mimi, kemungkinan besar temuan cacing pita dalam kemasan ikan sarden itu karena tidak memenuhi standar pengolahan hingga pemasaran.

"Secara analisa bisa jadi pengelohanya kurang bersih, atau penyimpanan tidak sesuai standar dan membuat ikan berlendir berjamur dan menimbulkan cacing, atau bisa jadi karena sudah kadarluarsa," ungkap Mimi.

Untuk itu, kepada masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati dalam membeli produk makanan kemasan. "Kepada masyarakat harus jeli dan smart dalam membeli makanan kemasan kaleng, lihat dari ciri fisiknya, wadahnya kalau rusak ya nggak usah dibeli," paparnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy menyebutkan, di kota Pekanbaru saat ini belum menemukan adanya ikan sarden mengandung cacing yang saat ini tengah menghebohkan seperti di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Saat ini kita belum ada laporan tentang ikan sarden yang terdapat cacing. Bahkan BPPOM juga belum ada menggandeng kita untuk melakukan sidak ke toko-toko," terangnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk mememperhatikan beberapa hal saat sebelum membeli ikan dalam bentu kemasan. Hal tersebut meminimalisir terdapatnya cacing di dalam kemasasan.

"Yang harus diperhatikan diantaranya izin edar ikan kemasan tersebut dari BPPOM atau Kemenkes. Perhatikan tanggal kadarluarsa dari ikan kemasan tersebut. Jika sudah mendekati tanggal kadarluarsa diharapkan kepada masyarakat jangan membeli," pintanya.

Pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan selalu waspada dalam mengonsumsi bahan makanan dan sebagainya. Selain dari pengawasan instansi terkait, masyarakat juga harus ekstra hati-hati dalam membeli barang, harus dilihat dulu masa kadaluarsa dan kualitas barang itu. (gr)



comments powered by Disqus