Lifestyle

Hati-hati, Ada 6 Gejala Tipes yang Sering Terlupakan

Gemariau.com | Kamis, 11 April 2019 - 09:52:16 WIB | dibaca: 62 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Penyakit tipes atau dalam kedokteran disebut sebagai typhoid fever atau demam tifoid adalah infeksi bakteri pada saluran cerna yang mampu menyebar ke seluruh tubuh dan mempengaruhi banyak organ.

Oleh karena itu, mengetahui gejala tipes sangatlah penting. Karena jika lambat diatasi atau tanpa pengobatan bisa menimbulkan komplikasi serius hingga menyebabkan kematian.

Jangan Abaikan 6 Tanda Kamu Terkena Tipes

Biarpun penyebabnya berbeda-beda, orang yang mengidap tipes sebagian besar menunjukkan tanda-tanda yang sama. Berikut ciri-ciri orang yang terinfeksi penyakit ini, antara lain:

    Muncul bintik merah

Tanda yang pertama ketika mengalami tipes adalah akan muncul bintik-bintik merah di seluruh tubuh. Bintik merah tersebut biasanya muncul secara merata di seluruh tubuh.

Bedanya dengan demam berdarah adalah bintik-bintik merah pada gejala tipes disebabkan karena infeksi bakteri salmonella typhi. Sedangkan ruam akibat demam berdarah akibat pendarahan.

    Demam

Berikutnya adalah demam atau reaksi alami dari dalam tubuh. Apabila terkena tipes, maka tubuh akan merasakan demam yang sangat tinggi berlangsung hingga berminggu-minggu.

Sementara, demam dari gejala penyakit ini datangnya secara bertahap disetiap minggunya.

    Sakit kepala

Infeksi bakteri salmonella typhi pada tubuh ternyata dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini adanya inflamasi yang menimbulkan rasa nyeri dan mengakibatkan rasa sakit pada kepala.

    Susah buang air besar

Banyak faktor kenapa orang mengalami sembelit saat menderita gejala tipes. Salah satunya adalah karena kekurangan cairan tubuh, keharusan tidak boleh konsumsi makanan dan buah-buahan berserat dan lainnya.

Untuk menghindari sembelit, penderita tipes sebaiknya lebih banyak minum air putih. Dan usahakan jangan sampai stres agar menimalisir susah buang air besar.

    Muntah

Sebagian besar penderita tipes akan mengalami rasa tidak nyaman dalam tubuh yang mengakibatkan muntah-muntah hingga muntah darah.

    Sakit perut

Sakit perut jangan melulu dikaitkan dengan penyakit maag. Faktanya bisa jadi ini merupakan tanda bahwa kamu sedang menderita gejala tipes.

Sakit perut pada tipes adalah akibat dari bakteri salmonella typhi yang mempengaruhi organ-organ dalam, terutama daerah pencernaan.

Dari beberapa tanda diatas, bagaimanapun mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Jadi sebelum berlanjut, Anda masih dapat meminimalisir kekambuhan dengan melakukan pengobatan yang tepat.



comments powered by Disqus