Ekonomi

Peringatan Hari Pangan Sedunia XXXVII 2017

Generasi Muda Punya Peran Bangun Sektor Pangan dan Pertanian

Gemariau.com | Kamis, 19 Oktober 2017 - 16:21:07 WIB | dibaca: 209 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, KALBAR - Hari ini Kamis (19/10/2017), bertempat di  Makodam XII Tanjungpura Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, dibuka secara langsung Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dengan mengusung tema “Menggerakkan Generasi Muda dalam Membangun Pertanian Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia”.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan tema nasional Hari Pangan Sedunia pada tahun ini bertujuan untuk mengatasi penyebab utama migrasi desa ke kota dengan penekanan khusus pada generasi muda di pedesaan.

Dibagian lain, Bupati Bengkalis Amril Mukminin  yang datang bersama istri menjelaskan,  generasi muda amat dibutuhkan di pedesaan dalam membangun pertanian.

“Untuk mengurangi laju migrasi keluar dari pedesaan, kita harus memberikan intensif yang tepat, dan mendemonstrasikan bahwa terlibat dalam pertanian  menjadi amat menguntungkan, dan dapat membuat hidup lebih nyaman,” terang Amril.

Perlu digaris bawahi, imbuh Amril, dalam rangka menarik generasi muda untuk menggeluti bidang pertanian, perikanan dan kehutanan dengan cara yang lebih produktif, maka kita harus memperhatikan pentingnya “inovasi pertanian”, dengan menanamkan investasi yang memadai untuk sekolah kejuruan dan pelatihan praktis teknologi pertanian.

“Selain itu kita juga harus memperkuat proses penyuluhan, yang mampu memberikan akses generasi muda ke pengetahuan terkini dengan dukungan penyuluhan elektronik, inovasi modern metode pertanian sekaligus didukung oleh mudahnya mendapatkan faktor produksi dan fasilitas kredit bagi generasi muda,” jelas Amril.(humas/gr)



comments powered by Disqus