Nasional

Eka Hospital Layanan Baru Pekanbaru Miliki Layanan Baru : Bedah Arthroskopi

Gemariau.com | Kamis, 22 Maret 2018 - 14:52:46 WIB | dibaca: 161 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - dengan komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Riau, Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru menyediakan layanan baru yaitu Layanan Bedah Arthroskopi sendi lutut, sendi bahu dan sendi pergelangan kaki.

Arthroskopi adalah prosedur operasi yang digunakan ahli bedah tulang (orthopedi) untuk  mendiagnosis dan mengobati masalah di dalam sendi.

dr.  Deny, kepala Divisi Pemasaran & Humas RS Eka Hospital Pekanbaru menjelaskan bahwa dalam bedah arthroskopi, ahli bedah tulang membuat sayatan kecil di kulit pasien atau biasa disebut portal, kemudian memasukkan instrumen berukuran sebesar pensil yang berisi kamera kecil dan sistem pencahayaan untuk memperbesar dan menerangi struktur di dalam sendi.

Kamera arthroskopi dihubungkan ke layar monitor, sehingga ahli bedah dapat melihat bagian dalam sendi. Sayatan bisa berjumlah lebih dari satu, sesuai dengan kebutuhan pada saat dilakukan operasi.

“Bedah arthroskopi memerlukan penggunaan anestesi (pembiusan) umum, bius regional atau bius tulang belakang sesuai dengan lokasi sendi yang akan dilakukan operasi," jelasnya.

Lutut merupakan salah satu sendi yang paling sering dilakukan bedah arthroskopi. Kelainan yang sering didapat antara lain cedera Ligamen Cruciatum Anterior (ACL tear), cedera Ligament Cruciatum Posterior (PCL tear) atau cedera bantalan sendi atau meniskus (meniscus tear).

Ligamen cruciatum anterior atau yang lebih sering disebut ACL merupakan ligamen pada lutut yang sering mengalami cedera, terutama pada atlet olahraga yang high demand seperti sepak bola, futsal, bola basket atau bulu tangkis.

"Saat terjadi cedera,  akan terdengar bunyi dari dalam lutut disertai kaki serasa terlepas. Selain itu dapat juga terdapat bengkak, rasa sakit, gerakan yang terbatas disertai rasa tidak nyaman di lutut saat berjalan," ujarnya.

ACL yang robek tidak dapat sembuh tanpa operasi. Untuk memperbaiki ACL dan mengembalikan stabilitas lutut, ligamen harus direkonstruksi kembali. Ahli bedah tulang akan mengganti ligamen tersebut dengan cangkok jaringan atau disebut graft yang dapat diperoleh dari dalam tubuh yaitu menggunakan tendon hamstring di bagian belakang paha yang paling sering digunakan, tendon patella yang membentang di antara tempurung lutut dan tulang kering atau tendon paha depan, yang membentang dari tempurung lutut ke paha atau graft dari luar tubuh.

Rekonstruksi dilakukan dengan memasang cangkok atau graft yang telah diambil dan dipasang pada tulang paha dan tulang kering sesuai dengan lokasi ligamen yang rusak. Graft yang dipasang bertujuan untuk menggantikan fungsi ligamen ACL yang rusak sebelumnya.

Setelah itu, pasien harus menjalani program fisioterapi untuk mengembalikan kekuatan dan gerakan sendi seperti sedia kala tambahnya

Prosedur arthroskopi sendi lutut, sendi bahu dan sendi pergelangan kaki sudah dapat dilakukan di Eka Hospital Pekanbaru oleh dr. Hanif Fahmat, SpOT. Pasien dapat melakukan konsultasi ke dr. Hanif Fahmat, SpOT pada hari Senin, Selasa dan Rabu pkl 09.00 s/d 12.00 wib di klinik bedah tulang (orthopedi) Eka Hospital Pekanbaru.(gr)



comments powered by Disqus