Olahraga

Dulu, Bermasalah Dengan Mafia. Sekarang Bermasalah Dengan Jadwal

Gemariau.com | Rabu, 14 Juli 2021 - 22:12:50 WIB | dibaca: 165 pembaca

Berita Terkait :

Gemariau.com - Liga 1 Indonesia saat ini lagi galau. Pasalnya, jadwal Kick Off sampai saat ini pun tak kunjung ada. Penyebabnya, ialah PSSI selaku badan federasi yang menaungi Sepak Bola di dalam negeri ini menunda jadwal bergulirnya Liga 1 Musim 2021/2022. Alasannya ialah tak lain dan tak bukan, dikarenakan kebijakan dari pemerintah yang menetapkan PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang dimulai sejak 3 Juli lalu. Kebijakan ini pun dibuat atas dasar melonjaknya angka persentase positif Covid-19 di Indonesia, khususnya wilayah Jabodetabek.

Seperti yang diketahui, wilayah Jabodetabek merupakan bagian dari tempat atau venue pertandingan dari Liga 1 musim 2021/2022. Yang mana pada musim kali ini regulasi mengenai jadwal pertandingan menggunakan sistem Buble to Buble. Artinya 18 tim peserta akan bermain terpusat dalam setiap serinya di sebuah provinsi yang ada di Pulau Jawa. Hal tersebut dilakukan dalam enam seri hingga akhir musim nanti.

Namun, ada kemungkinan bahwa penundaan kompetisi bisa berlangsung lebih lama, terlebih dengan sudah diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebagai upaya menekan penyebaran virus COVID-19.

Direktur Operasional PT LIB selaku operator kompetisi, Sudjarno, mengatakan bahwa jadwal baru Liga 1 musim 2021-2022 sedang dirancang. Kemungkinan, musim kompetisi dimulai menjelang akhir Agustus 2021 berdasarkan masukan dari klub-klub peserta. "Masukan dari klub kepada kami, Liga 1 dimulai sekitar satu bulan setelah PPKM Darurat. Jadi bisa saja tanggal 20 Agustus 2021. Kami masih menyelaraskannya dengan agenda AFC dan FIFA," ungkap Sudjarno.

Pertimbangan usulan tersebut antara lain karena banyak tim yang tidak bisa menggelar latihan atau persiapan selama masa PPKM Darurat yang diberlakukan di Jawa-Bali sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Sedangkan untuk Liga 2 musim 2021-2022 kemungkinan dapat dimulai pada awal September 2021 mendatang. PT LIB sudah melayangkan surat ke seluruh klub peserta Liga 2 2021 yang berisi tentang penyesuaian jadwal akibat penundaan waktu pelaksanaan kompetisi di tengah meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia.

"Kami juga memohon dukungan dari masyarakat agar Liga 2 dapat digelar meski tanpa penonton. Kompetisi akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," janji Sudjarno dikutip dari Antara, Kamis (8/7/2021). "Semua dipertimbangkan berdasarkan alasan kemanusiaan pada situasi pandemi COVID-19 saat ini. Karena itu, PSSI dan LIB memundurkan jadwal kompetisi, termasuk Liga 2 2021," imbuhnya.



comments powered by Disqus