Politik

DPD PDIP RIAU BUKA PENDAFTARAN BALON KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH

Gemariau.com | Selasa, 10 September 2019 - 17:53:10 WIB | dibaca: 142 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Dalam menjaring Figur Kepala Daerah yang berkualitas, DPD PDIP Provinsi Riau membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) kepala daerah bagi kabupaten dan kota di Provinsi Riau yang akan menggelar Pilkada serentak pada tahun 2020 nanti.

Hal itu disampaikan Ketua Tim penjaringan Balon kepala daerah DPD PDIP Provinsi Riau, H.Syafaruddin Poti, SH, dihadapan sejumlah wartawan, dalam konferensi Pers pada Selasa (10/9/2019) di sekretariat DPD PDIP Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman no. 462A Kota Pekanbaru.

“Perlu kita sampaikan kepada seluruh masyarakat riau, bagi yang berminat untuk mencalonkan dirinya maju dalam bursa kepala daerah melalui PDIP, kami sudah membuka pendaftaran,” katanya.

Poti juga menginformasikan, Proses pendaftaran diberi waktu dari tanggal 10 September hingga 21 September 2019, ” Penjaringan ini kami buka selama 11 hari. Setelah itu akan dilakukan tahapan berikutnya, antara lain adalah Fit and Propertest.

Ia juga menjelaskan bahwa sudah ada yang merapat dan berminat mendaftarkan diri sebagai balon kepala daerah dan wakil kepala daerah ke DPD PDIP Provinsi Riau Saat ini.

Masih dijelaskan Poti, cepatnya waktu yang diberikan dalam pendaftaran, ini dimaksudkan agar dapat mempersiapkan administrasi dengan matang, sehingga tidak ada kesan terburu buru.

“Jadi diberi waktu 11 hari untuk penjaringan pendaftaran, dan akan melakukan fit and propertest ditahapan selanjutnya, kenapa harus cepat, Karena nanti akan ada sosialisasi kepada partai dan masyarakat, jangan sampai ada kesan mendadak,” Tukasnya.

Ditambahkan Poti yang juga anggota DPRD Riau ini, pendaftaran tersebut bisa juga dilakukan langsung ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP kota dan kabupaten dan tidak dipungut biaya.

“Jika sudah mendaftar di DPC PDIP, tidak perlu lagi mendaftar di DPD. Nama-nama yang sudah mendaftar di DPC akan kami ferivikasi kemudian dilakukan survei, setelah itu baru disampaikan ke DPP,” ujarnya.

Meskipun terbuka untuk umum, namun PDIP akan memperioritaskan kadernya yang memiliki peluang menang untuk diusung, namun kader tersebut, mesti ikut tahapan penjaringan.

“Sebagai Partai kader, sudah tentu Kaderlah yang menjadi prioritas, jika ada maka akan diterima. namun semua tetap melalui prosedur, setelah pendaftaran akan survai dari partai, dan hasil fit and propertest itulah yang akan menentukan dari tingkat DPP,” pungkasnya. (64n)



comments powered by Disqus