Supranatural

Daun Jarak aBali Berguna Untuk Ramuan Obati Penyakit Kulit

Gemariau.com | Senin, 13 November 2017 - 11:08:16 WIB | dibaca: 206 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Salah satu keunggulan daun jarak bali digunakan dalam pengobatan tradisional. Tetapi umumnya tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias, karena bentuknya dianggap sangat menarik. Nama latin jarak bali disebut Jatropha podagrica Hook, merupakan terna tegak yang bermanfaat sebagai obat dan hiasan. Jarak bali adalah spesies tumbuhan yang dikenal diluar negeri dengan nama Buddha belly plant (tanaman perut Buddha) dan Bottleplant shrub (semak botol). Nama lain jarak bali juga disebut sebagai jarak batang gajah.

Daun Jarak Bali

Menurut pengobatan tradisional, tanaman ini dapat meredakan nyeri (analgesik), antiradang, menghilangkan bengkak. Juga dapat digunakan untuk membuang racun (detoksikan) dan penurun panas. Tanaman ini asli berasal dari Amerika tropis, kemudian disebarkan sebagai tanaman hias di berbagai belahan dunia.

Ciri-ciri batang membesar seperti botol, berbentuk vasculum yang berisi getah. Tanaman jarak bali memiliki bunga karang berwarna merah yang dapat berbunga sepanjang tahun. Menurut studi, getah tanaman termasuk biji mengandung racun curcin. Tanaman ini tampak menarik menjadi hiasan, karena mampu mengundang kupu-kupu karena keindahan bunganya.

Tanaman jarak bali dapat tumbuh setinggi 0,5 hingga 1,5 meter. Getah tanaman ini berwarna putih, batang tunggal dan sangat sedikit cabang. Ciri khas yang dimiliki diantaranya pangkal batang yang membesar seperti botol. Ciri-ciri daun jarak bali bertangkai yang panjangnya antara 20 hingga 30 cm. Bentuknya bulat telur melebar, ujung runcing atau membulat.

Tanaman jarak bali memiliki bunga dalam malai yang bertangkai panjang. Didalamnya terdapat bunga betina dan jantan. Selain itu, jarak bali juga berbuah dengan bentuk elips melebar sepanjang 1,5 cm. Didalamnya terdapat biji yang berbentuk lonjong atau bulat panjang.***



comments powered by Disqus