Politik

Dari Sisi Politik, Ulah Rini Soemarno Semakin Merugikan Jokowi

Gemariau.com | Jumat, 04 Mei 2018 - 02:35:25 WIB | dibaca: 202 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Presiden Joko Widodo diminta turun tangan untuk menjelaskan di forum terbuka soal beredarnya rekaman percakapan antara Menteri BUMN Rini Soemarno dengan Dirut PLN, Sofyan Basir.

Pengamat politik Emrus Sihombing menjelaskan, rekaman percakapan yang diduga bagi-bagi fee proyek itu harus diklarifikasi Jokowi agar tidak merugikan secara politik.

"Jelaskan di forum terbuka dong, jangan di belakang layar," jelasnya dalam perbicangan, Jumat (4/5).

Nama baik Jokowi, menurut dia, jadi taruhan gara-gara ulah Rini. Jokowi bisa makin tercoreng dengan kasus rekaman percakapan dengan Rini. Apalagi, adik kandung Ari Soemarno itu seringkali mendapatkan kritik terkait buruknya pengelolaan BUMN.

"Sekarang nama Menteri Rini makin jelek, bukan tidak mungkin akan berimbas pada Pak Jokowi di tahun politik," jelasnya.

Kebijakan Menteri Rini memang selalu jadi kontroversi. Paling anyar, perombakan direksi Pertamina dan penambahan direksi Garuda Indonesia yang diduga dilakukan bukan atas dasar penilaian kinerja dan kebutuhan.

Alasan Rini mencopot Dirut Pertamina Ellia Massa Manik karena alasan kelangkaan BBM jenis premium dinilai mengada-ada.

Selain itu, terjadi juga penggendutan direksi Garuda menjadi sembilan, dan anjloknya nilai saham Garuda Indonesia dari Rp 440 per lembar pada trimester pertama 2016 menjadi Rp 292 per lembar pada 25 April 2018. [rmol/gr]



comments powered by Disqus