Kab. Siak

Dana Desa Dimanfaatkan Untuk Budi Daya Kelapa

Gemariau.com | Kamis, 22 November 2018 - 00:49:13 WIB | dibaca: 158 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Pemerintah Kampung Lubuk Umbut, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau, memanfaatkan dana desa 2018 untuk budi daya kelapa hibrida guna peningkatan perekonomian masyarakat di desa tersebut.

"Tahun ini kami mulai budi daya kelapa hibrida di lahan seluas satu hektare (Ha) dengan total bibit sebanyak 250 batang," ujar Penghulu (kepala desa) Kampung Lubuk Umbut, Sungai Mandau, Kanrianto kepada Antara di Siak, Kamis (22/11/2018).

Dikatakan Kanrianto, kampung Lubuk Umbut menyepakati budi daya kelapa hibrida dikarenakan pasokan kebutuhan kelapa untuk Kabupaten Siak secara umum, dan kampung Lubuk Umbut khususnya masih berasal dari luar daerah. Ditambah belum banyaknya kampung-kampung di kabupaten Siak yang membudidayakan kelapa hibrida layaknya sawit dan karet.

"Selama ini kebutuhan masyarakat untuk kelapa masih didatangkan dari luar. Dengan mulainya budidaya kelapa hibrida ini, setidaknya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di kampung," katanya lagi.

Pemerintah Kampung Lubuk Umbut menggelontorkan dana desa untuk bibit dan biaya perawatan kelapa hibrida sebesar Rp30 juta lebih dari Rp730.761.000 total dana desa yang diterima Kampung Lubuk Umbut secara keseluruhan.

"Kampung Lubuk Umbut belum memiliki produk unggulan, kami pun berencana akan menjadikan kelapa hibrida sebagai produk unggulan jika budidaya ini berhasil, dan akan terus dikembangkan di lahan yang lebih luas lagi," ujarnya lagi.

Kelapa hibrida adalah salah satu jenis kelapa yang ukuran pohonnya lebih pendek dibandingkan pohon kelapa biasa. Lebih cepat berbuah, dan produksi buah yang lebih banyak.

Selama ini dana desa lebih besar dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur kampung. Pada 2018 Kampung Lubuk Umbut membangun empat sumur bor dan tower bak di empat titik dengan anggaran sebesar Rp506.291.000.

"Pembuatan sumur bor di empat titik ini sebagai penyediaan air bersih untuk masyarakat. Dana desa juga kami manfaatkan untuk pemeliharaan dan semenisasi jalan-jalan poros desa," ungkap dia. (aldi Siddiq)



comments powered by Disqus