Kab. Pelalawan

CUACA RAWAN KARLAHUT, BABINSA KORAMIL 03/ BUNUT KODIM 0313/KPR LAKSANAKAN PATROLI DAN HIMBAU PEMILIK

Gemariau.com | Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:49:58 WIB | dibaca: 91 pembaca

Berita Terkait :

CUACA RAWAN KARLAHUT, BABINSA KORAMIL 03/ BUNUT KODIM 0313/KPR LAKSANAKAN PATROLI DAN HIMBAU PEMILIK LAHAN PERKEBUNAN.


GEMARIAU.COM - PELALAWAN, Kondisi cuaca saat ini nyaris tidak stabil, ditahun sebelumnya  bulan Januari masih menyisakan musim hujan, namun saat ini, hujan sangat jarang turun sehingga cuaca jadi panas terik dan menyengat.


Keadaan ini menghawatirkan Babinsa akan resiko kebakaran hutan dan lahan, inilah yang memicu pelaksanaan patroli harus terus dilaksanakan untuk menekan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).



Kondisi lahan serta kultur tanah yang ada di wilayah Desa Merbau memiliki wilayah  kerawanan akan bahaya kebakaran, karena kondisi lahan rawa dan gambut yang terbentang luas hingga mencapai  50% dari luas wilayahnya.

Babinsa Koramil 03/Bunut,Kodim 0313/Kpr Pelda.Rudi Syafrianto bersama dengan 3 orang Babinsa lainnya, dengan serius melaksanakan patroli sambil menyambangi kebun kebun Masyarakat desa Merbau kecamatan Bunut kabupaten Pelalawan. 


Babinsa memberi himbauan secara langsung kepada pemilik maupun penjaga kebun, agar jangan sampai membakar tumpukan sampah gulma maupun ranting  dan onggokan pelepah sawit walau dengan alasan apapun, karena kultur tanah rawa dan gambut sangat sulit pemadamannya apabila terjadi kebakaran hingga membuat penyebaran api akan sulit terdeteksi. 


Beberapa hari ini patroli terus dilakukan oleh Babinsa mulai Jum'at dan Sabtu tanggal 17 hingga 18 januari 20202, dengan tujuan mengantisipasi bahaya Karhutla, karena kebakaran bisa terjadi karena paktor panasnya bumi ataupun unsur kesengajaan dari orang orang yang tidak bertanggung jawab.


Danramil 03/Bunut Kapten Arm Hadi Prayitno mengatakan "Keadaan inilah yang terus dijaga oleh Babinsa dengan harapan agar kejadian kebakaran  pada tahun 2019 tidak terjadi lagi.mari kita jaga bumi dari kerusakan yang kita perbuat sendiri, agar tidak lagi ada kebakaran hutan dan lahan, sehingga bumi kita tetap lestari demi kesejahteraan generasi penerus kita". 
 
 
Pantauan media Babinsa Koramil 03 Bunut tidak henti hentinya melaksanakan Patroli Karhutla dilapangan. Semoga tugas Mulia yang sedang diemban TNI mendapatkan Ridho dari Sang Pencipta Alam dan bermanfaat bagi Rakyat. (Olo gema)



comments powered by Disqus