Hukrim

Camat Gadungan Diringkus Polisi usai Kuras Uang Warga Modus Minta Bantuan

Gemariau.com | Sabtu, 20 Januari 2018 - 03:34:02 WIB | dibaca: 130 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM - Sepak terjang pria berinisial MK ini berakhir di balik jeruji besi Mapolsek Panipahan, Kabupaten Rohil Provinsi Riau, setelah sempat lolos dari sergapan polisi dan Buron selama empat bulan. Lelaki berusia 27 tahun tersebut ditangkap terkait aksi penipuan yang dilakukannya.

Tak tanggung-tanggung, penipuan yang diduga dilakukannya, dengan berpura-pura sebagai Camat Pasir Limau Kapas, Rohil. Sudah bisa ditebak apa tujuannya, yakni mendapat uang dari para korban yang ditargetkan oleh MK. Setidaknya ada tiga orang warga setempat yang berhasil dikibuli oleh pelaku.

Agar aksi tipu-tipu ini berjalan mulus, MK diduga memalsukan surat/tanda tangan dan mengatasnamakan Camat Pasir Limau Kapas. Bermodalkan itu semua, pelaku sukses mendapat uang dari ketiga korbannya tersebut. Ia juga memberikan kuitansi yang bertanda tangan dan stempel Camat.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo, Sabtu (20/1/2018) sore menuturkan, perbuatan tersebut dilakukan MK sekitar September 2017 lalu. Untung saja Camat yang asli cepat tahu dan langsung melaporkan kasus tersebut ke Mapolsek agar diproses hukum.

"Pada penangkapan pertama saat itu, pelaku sempat melarikan diri. Kita lakukan pencarian namun yang bersangkutan sudah tidak di Panipahan lagi. Beberapa bulan kemudian, tepatnya Januari, anggota mendapat informasi keberadaan dia," terang Kombes Guntur Aryo Tejo.

Tak ingin dua kali kehilangan buruannya, polisi pun langsung bergerak. Tepat pada Jumat (19/1/2018), MK pun berhasil diciduk tanpa perlawanan, saat berada di Jalan Karya Teluk Pulai, Kecamatan Pasir Limau Kapas. Dia pun digelandang ke Mapolsek Panipahan untuk dimintai keterangannya.

Sejumlah barang bukti juga turut disita polisi, diantaranya selembar surat dengan cap stempel Pemkab Rohil (Camat Pasir Limau Kapas) bertanda tangan si Camat (Diduga palsu, red) dan dua lembar kwitansi, di mana salah satunya bertuliskan nominal uang sebesar Rp350.000. ***



comments powered by Disqus