Moment

BPOM Pekanbaru Razia Ikan Kaleng Bercacing

Gemariau.com | Jumat, 30 Maret 2018 - 15:30:00 WIB | dibaca: 52 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah Supermarket di Dumai.

Kabid Perdagangan di Dinas Perdagangan Kota Dumai Hermanto mengatakan, inspeksi mendadak dilakukan untuk mencegah peredaran ikan kalengan yang mengandung cacing.

"Sidak dilakukan sebagai tindak lanjut penemuan produk sarden kalengan yang mengandung cacing bersifat parasit beberapa waktu lalu  disejumlah wilayah di Riau. Sidak untuk mencegah peredaran ikan kalengan yang mengandung cacing." Kata Hermanto, kemarin.

Dijelaskannya, BPOM Pekanbaru menurunkan tiga orang tim pemantau khusus untuk mengecek peredaran ikan kaleng mengandung cacing yang sangat rentan membahayakan kesehatan para konsumen.

Sidak kali ini fokus pada ikan sarden kalengan merek Farmer Jack, IO dan Hoki yang positif mengandung cacing. "Namun saat dilakukan sidak kami tidak menemukan sarden di maksud, artinya clear di Dumai bebas dari peredaran ikan kaleng memgandung cacing," ujarnya.

Supermarket yang disidak adalah Besta Jaya Jalan Budi Kemulyaan,  Famili Swalayan Jalan Budi Kemulyaan,  Swalayam Batam Jaya Jalan Jeruk, Supermarket Hari-Hari dan Toko Akun di Jalan Sultan Syarif Kasim,  Swalayan SN Jaya Jalan Sukajadi dan beberapa toko kelontong. (gr)



comments powered by Disqus