Life Style

Banyak Orang Salah Kaprah Ganti Busi Kendaraan

Gemariau.com | Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:05:47 WIB | dibaca: 134 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM – Meski bentuknya kecil, busi atau sparg plug menjadi salah satu komponen yang vital di kendaraan. Fungsinya, sebagai pengantar pengapian untuk motor dan mobil berbahan bakar minyak.  Fungsi percikan api dari busi untuk membakar bensin yang telah dikompres piston. Maka jika posisinya kurang tepat atau dimensinya tidak sesuai spesifikasi mesin, maka pembakaran yang dihasilkan tidak sempurna.  

Sales and Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia, Felix Ferdinand mengatakan, setiap busi memiliki bentuk ulir dan dimensi yang berbeda-beda. Jika tidak sesuai spesifikasi mesin, salah satu dampaknya bahan bakar akan lebih boros. 

"Yang kami temui di masyarakat, banyak yang memaksakan. Artinya satu jenis busi mereka anggap bisa masuk di mana saja. Padahal enggak, karena ukurannya sangat kecil jika bedanya hanya 0,1 mili meter saja juga tidak bagus," kata Felix, di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu 23 Maret 2019, malam.

Menurutnya bisa-bisa saja mesin menyala dengan kondisi busi yang tidak sesuai. Tapi efeknya pembakaran tidak maksimal, dan bensin lebih boros. "Busi yang kami ciptakan saja ada ribuan ukuran yang berbeda-beda meski perbandinganya hanya 0,1 mili meter," katanya. 

Website baru  Untuk mempermudah masyarakat mencari tahu busi yang sesuai dengan kendaraannya, PT NGK Busi Indonesia menciptakan website www.ngkbusi.com. Hanya dengan memasukkan jenis kendaraan dan tahun pembuatan, Anda akan diberitahu soal tipe busi yang cocok. 

"Jadi sangat memudahkan end user cari busi yang cocok untuk kendaraannya. Website ini baru beroperasi sekarang, dan konsumen yang sering bertanya adalah soal produk. Mulai dari jenisnya, cocoknya untuk apa dan lain-lain," katanya.



comments powered by Disqus