Lifestyle

6 Jenis Minuman Ini, Ternyata Bisa Atasi Diabetes

Gemariau.com | Selasa, 03 April 2018 - 20:54:11 WIB | dibaca: 165 pembaca

Berita Terkait :

GEMARIAU.COM -  Mengidap diabetes berarti Anda harus menyadari semua yang Anda makan atau minum. Anda juga harus tahu jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi dan bagaimana mereka dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi minuman nol kalori. Ini akan membantu mencegah lonjakan gula darah. Menderita diabetes membawa banyak pembatasan dalam makanan dan gaya hidup Anda.

Penderita diabetes tidak dilarang mengonsumsi sekaleng soda atau segelas minuman ringan, karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Ini sangat berbahaya untuk pasien diabetes tipe 1 dan 2. Berikut beberapa minuman umum yang sehat untuk penderita diabetes.

Kopi
Menurut sebuah studi di 2006, konsumsi moderat dari kedua kopi tanpa kafein dan berkafein dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita muda dan setengah baya. Tapi, konsumsi berlebihan kopi dapat menaikkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian mencatat, produk susu rendah lemak berhubungan dengan kematian diabetes dan menurunkan serta mengurangi tekanan darah. Susu juga mampu membantu penurunan berat badan pada penderita diabetes tipe 2 dan membantu mempertahankan fungsi penting tubuh. Susu dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita diabetes.

Teh hijau
Teh hijau rendah karbohidrat dan kalori. Sebuah penelitian mencatat bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan tekanan darah. Minuman ini kaya antioksidan yang mampu membantu menetralisir efek peradangan yang melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Cuka apel
Cuka apel dapat membantu dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan menekan aktivitas gula yang kompleks setelah makan. Cuka apel juga membantu penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah penelitian, cuka apel bisa mengurangi kadar gula darah setelah makan. Jadi, Anda bisa mengonsumsi cuka apel dengan menambahkannya ke dalam segelas air yang dicampur dengan jeruk nipis dan kayu manis.

Air kelapa
Air kelapa diperkaya dengan banyak vitamin esensial, mineral, asam amino, dan lain-lain. Secangkir air kelapa mengandung 0,1 mg riboflavin, 5,8 mg vitamin C, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg kalium, 252 mg natrium, dan 0,3 mg mangan. Air kelapa memiliki kemampuan yang kuat untuk menjaga kadar gula darah, sehingga membuatnya menjadi minuman sehat untuk diabetes.

Air putih
Air putih adalah pilihan terbaik bagi penderita diabetes. Itu karena air putih tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Penderita diabetes harus minum banyak air, karena membantu tubuh untuk menyingkirkan kelebihan glukosa melalui urine. Wanita harus minum sekitar 8 gelas air per hari, sedangkan pria sekitar 10 gelas air.[viva/gr].

Sumber: Boldsky



comments powered by Disqus